Sains

Misterius, Ilmuwan Teliti Bintang Raksasa di Pusat Bima Sakti

Bintang raksasa yang misterius ini lalu diberi nama VVV-WIT-08.

Amelia Prisilia

Ilustrasi galaksi dan alam semesta. (Pixabay/ Gerd Altmann)
Ilustrasi galaksi dan alam semesta. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Hitekno.com - Para ilmuwan belum lama ini mendeteksi keberadaan bintang raksasa di pusat Bima Sakti. Cukup misterius, apakah bintang raksasa ini berbahaya atau tidak?

Saat pertama kali terdeteksi oleh para ilmuwan, bintang raksasa ini nampak berkedip-kedip dan berjarak sekitar 25 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Dilansir dari CNN, bintang raksasa yang misterius ini lalu diberi nama VVV-WIT-08. Dianggap sebagai bintang yang misterius, objek luar angkasa ini kerap berkedip hingga sering hilang dari deteksi para ilmuwan.

Karena sifatnya ini, para ilmuwan menyebut tingkah bintang raksasa ini cukup misterius. Pasalnya, tidak biasanya sebuah bintang meredup dan kemudian mengeluarkan terang yang bercahaya secara terus menerus.

Mengamati sifat bintang raksasa yang cukup tidak biasa ini, para ilmuwan lalu percaya jika bintang ini adalah jenis baru dalam pengisi sistem bintang raksasa biner.

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)
Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

Kemungkinan, bintang raksasa ini berukuran ratusan kali dari Matahari dan berkedip karena ada bintang maupun planet lain yang berada di dekatnya. Ilmuwan percaya jika benda luar angkasa ini memiliki material khusus yang membuatnya suka berkedip.

Ilmuwan mengakui jika penemuan bintang raksasa dengan sifat unik ini bukanlah hal yang pertama. Sebelumnya, para ilmuwan pernah menemukan sejumlah bintang lainnya dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda.

Untuk penelitian mendatang, para ilmuwan akan berusaha mencari bintang berkedip lainnya di Bima Sakti guna menambah materi penelitian di masa mendatang.

Selain itu, penelitian lebih lanjut juga dilakukan untuk mengetahui penyebab bintang raksasa ini kerap berkedip di pusat Bima Sakti.

Berita Terkait