Sains

Bikin Takjub, Astronot Bagikan Foto Gerhana Bulan Total dari Luar Angkasa

Akihiko Hoshide membagikan tiga foto Gerhana Bulan Total melalui akun Twitter pribadinya.

Amelia Prisilia

Gerhana Bulan Total dari luar angkasa. (twitter/Aki_Hoshide)
Gerhana Bulan Total dari luar angkasa. (twitter/Aki_Hoshide)

Hitekno.com - Gerhana Bulan Total atau Supermoon kembali terjadi pada Rabu (26/5/2021) lalu. Menyajikan pemandangan menakjubkan dari sisi lain, seorang astronot di ISS belum lama ini membagikan penampakan Gerhana Bulan Total melalui luar angkasa.

Foto Gerhana Bulan Total dari luar angkasa ini diambil oleh astronot dari badan antariksa Jepang (JAXA), Akihiko Hoshide. Saat berada di stasiun luar angkasa, astronot ini berhasil menyaksikan Gerhana Bulan Total ini.

Dilansir dari CNET, Akihiko Hoshide membagikan tiga foto Gerhana Bulan Total melalui akun Twitter pribadinya. Dua foto menunjukan Gerhana Bulan Total yang sedang terjadi dan satu foto lainnya menunjukan ISS.

Para astronot yang bertugas dari stasiun luar angkasa patut bersyukur dapat menyaksikan pemandangan menakjubkan tersebut. Pasalnya, pemandangan Gerhana Bulan Total dari luar angkasa nampak begitu jelas tanpa halangan awan dan polusi layaknya di Bumi.

''Awak @Space_Station mengamati supermoon dan Gerhana Bulan Total hari ini!'' tulisnya dalam cuitan tersebut.

Jika Gerhana Bulan Total di Bumi nampak berwarna merah akibat cahaya Matahari yang menjadi bias ke lapisan atmosfer Bumi. Gerhana Bulan Total di luar angkasa justru nampak begitu jelas.

Sebagai informasi, Akihiko Hoshide menjadi salah satu astronot dalam misi Crew-2 SpaceX. Astronot asal Jepang ini baru saja berhasil mendarat di ISS pada bulan April 2021 lalu dan hingga kini masih bertugas di lokasi tersebut.

Setelah diunggah ke Twitter, unggahan astronot Akihiko Hoshide mengenai Gerhana Bulan Total di luar angkasa ini langsung menuai berbagai reaksi dari netizen yang takjub akannya.

Gerhana Bulan Total yang terjadi pada 26 Mei 2021 lalu adalah fenomena yang spesial kareya terjadi bersamaan dengan Perige saat Bulan berada dalam jarak terdekat dengan Bumi.

Berita Terkait