Sains

Mirip Lagu, Foto Pertama Bumi dan Bulan Saling Berdampingan Bikin Kagum

Dalam foto yang diunggah di situs resmi NASA ini nampak Bumi yang berada berdampingan dengan Bulan.

Amelia Prisilia

Foto pertama Bumi dan Bulan berdampingan. (NASA)
Foto pertama Bumi dan Bulan berdampingan. (NASA)

Hitekno.com - Layaknya penggalan lagu band Indonesia, HIVI berjudul Bumi dan Bulan, foto pertama dua benda langit yang diambil tahun 1966 lalu sukses membuat kagum penduduk Bumi yang melihatnya.

Foto pertama Bumi dan Bulan ini diambil pada 22 Desember 1966 lalu oleh NASA Applications Technology Satellite 1 atau ATS-1. Misi ini menjadi yang pertama berhasil mengambil foto dua benda angkasa itu secara bersama-sama.

Dilansir dari situs resmi NASA, misi ATS-1 ini bertugas untuk melakukan eksperimen komunikasi sebagai penghubung antara Bumi dan luar angkasa.

Saat pertama kali menjalankan misi, ATS-1 terbang bersama kamera cuaca berwarna hitam dan putih. Dengan kamera ini, ATS-1 berhasil mengambil foto Bumi dan Bulan yang sedang berdampingan.

ATS-1 saat itu berada dalam jarak 22.300 mil dari Bumi dan lebih dari 270.000 mil dari Bulan saat foto pertama Bumi dan Bulan ini diambil dan dipublikasikan.

Foto Bumi tahun 1966. (NASA)
Foto Bumi dan Bulan tahun 1977. (NASA)

 

Dalam foto yang diunggah di situs resmi NASA ini nampak Bumi yang berada berdampingan dengan Bulan yang berada cukup jauh dari tempat ATS-1 mengambil foto tersebut.

Foto kedua Bumi dan Bulan kembali diambil oleh awak kapal Apollo 8 pada malam Natal 1968 saat tanpa sengaja melakukan perjalanan ke Bulan.

Selanjutnya, NASA Voyager 1 berhasil mengambil foto Bumi dan Bulan dari luar angkasa pada 18 September 1977 lalu. Jika dibandingkan dengan foto-foto sebelumnya, foto tahun ini justru cukup jelas.

Menjadi bagian dari sejarah, itu tadi foto pertama Bumi dan Bulan saat saling berdampingan. Setelah diunggah oleh NASA, unggahan ini cukup membuat kagum banyak orang karenanya.

Berita Terkait