Sains

Terjadi Pas Waisak, Wilayah di Indonesia Ini Bisa Lihat Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total terjadi saat Matahari, Bumi dan Bulan berada dalam posisi sejajar.

Amelia Prisilia

Gerhana bulan. (Suara.com/Arief Hermawan P)
Gerhana bulan. (Suara.com/Arief Hermawan P)

Hitekno.com - Fenomena Gerhana Bulan Total akan kembali terjadi pada Rabu (26/5/2021) mendatang. Melewati Indonesia, ini deretan wilayah yang bisa saksikan fenomena Gerhana Bulan Total pekan depan.

Untuk tahun ini, fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon terjadi berbarengan dengan Hari Raya Waisak yaitu Rabu (26/5/2021) mendatang.

Melansir dari BMKG, Gerhana Bulan Total adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga seluruh cahaya tidak akan sampai ke Bulan. Dalam fase ini, Bulan akan nampak redup dan gelap seolah kehilangan cahaya.

Secara sederhana, Gerhana Bulan Total terjadi saat Matahari, Bumi dan Bulan berada dalam posisi sejajar. Posisi ini membuat Bulan masuk umbra Bumi hingga kemudian wujud Bulan nampak kemerahan.

Saat Gerhana Bulan Total, sebagian cahaya Matahari melewati atmosfer Bumi dan membelok ke arah Bulan. Warna lain dalam spektrum ini justru terhalang dan dihamburkan kembali oleh atmosfer Bumi.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)

Dilansir dari situs resmi LAPAN, lokasi paling jelas untuk melihat Gerhana Bulan Total ada di Indonesia Timur. Namun, seluruh wilayah di Indonesia dipastikan dapat melihat fenomena yang cukup jarang terjadi ini.

LAPAN menyebut jika seluruh masyarakat di Indonesia dapat melihat Gerhana Bulan Total tanpa membutuhkan alat bantu optik apapun.

Sebelumnya, Gerhana Bulan Total terjadi pada 31 Januari 2018. Momen Gerhana Bulan Total yang terjadi berbarengan dengan Hari Raya Waisak ini justru terjadi setiap 195 tahun sekali.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Stephan Herb)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Stephan Herb)

Mengutip Space.com, pemandangan terbaik untuk Gerhana Bulan Total ini berada di Australia, Selandia Baru, Hawaii, pulau-pulau di Pasifik Selatan dan Alaska Barat Daya.

Sambil merayakan Hari Raya Waisak, jangan lupa untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total yang dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia ini ya.

Berita Terkait