Sains

Sempat Hilang Sampai 50 Tahun, Tulang Bangsawan Viking Akhirnya Ditemukan

Kenapa bisa sampai hilang?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Viking. (Pixabay)
Ilustrasi Viking. (Pixabay)

Hitekno.com - Sempat hilang sampai 50 tahun yang silam, tulang bangsawan Viking ini kembali ditemukan. Sisa-sisa jasad ini kembali ditemukan di penyimpanan Museum Denmark.

Tulang belulang ini didapatkan dari hasil penggalian kuruban lelaki Viking yang kaya raya di Bjerringhøj, Denmark, yang hidup sekitar 970 Masehi dan digali pada 1868.

Para ahli membawa sisa-sisa tulang tersebut ke Museum Denmark untuk dianalisis, tetapi tulang-tulangnya diletakkan di tempat yang salah selama abad ke-20.

Arkeolog baru-baru ini menemukan tulang itu kembali di antara artefak dan sisa-sisa dari situs pemakaman Zaman Viking Denmark lainnya.

Analisis baru terhadap tulang dan pakaian yang terkubur, kemungkinan lelaki tua itu berasal dari kalangan bangsawan dan tokoh penting karena jasad dimakamkan dengan celana panjang mewah.

Tulang bangsawan Viking. [Cambridge.Org]
Tulang bangsawan Viking. [Cambridge.Org]

Selama akhir abad ke-19, penemuan tulang manusia tidak dianggap sebagai artefak arkeologi dan kemungkinan tulang itu dipisahkan dari sisa-sisa benda Bjerringhøj dalam beberapa dekade setelah ditemukan.

"Sangat mungkin tulang-tulang itu disingkirkan atau mungkin menunggu keputusan tentang bagaimana tulang itu akan ditempatkan di museum dan pada akhirnya tidak pernah dikembalikan ke tempatnya semula," kata Ulla Mannering, profesor penelitian budaya kuno Denmark dan Mediterania di Museum Nasional Denmark.

Tulang ini ditemukan ketika Mannering melihatnya pada 2017 saat sedang meninjau artefak dari situs pemakaman Viking lain yang disebut Slotsbjergby, namun ia masih belum menyadarinya.

Saat melihat celana panjangnya, potongan kain itu tampak berbeda karena individu dalam penguburan Slotsbjergby adalah perempuan dan celana panjang hanya dipakai oleh lelaki Viking.

Para ahli pun melakukan analisis dan menemukan bahwa lelaki Viking itu berusia sekitar 30 tahun atau mungkin lebih tua ketika meninggal.

Dilansir dari Live Science, Kamis (6/5/2021), tanda-tanda peradangan di sekitar lututnya mencerminkan gaya hidup aktif yang sering menunggang kuda.

Itulah penemuan tulang bangsawan Viking yang sempat hilang sampai 50 tahun hingga akhirnya kembali. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait