Sains

3 Tragedi Laut yang Terjadi di Bulan April, Ada Titanic Hingga KRI Nanggala

Berikut 3 peristiwa besar yang terjadi di laut dan telah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi laut. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi laut. (Pixabay/Free-Photos)

Hitekno.com - Akhir April 2021 ini, Indonesia dibuat berduka dengan tragedi Kapal Selam Nanggala-402 yang sebelumnya dilaporkan hilang sebelum kemudian ditemukan di kedalaman 838 meter. Melihat sejarah, sejumlah tragedi laut ternyata pernah terjadi di bulan April.

Sejumlah tragedi laut yang terjadi memang sulit dihindari. Berbagai penyebab menjadi alasan hal ini dapat terjadi, seperti human eror hingga cuaca dan kondisi laut yang sulit untuk ditebak.

Menjadi sejarah kelam, siapa sangka sejumlah tragedi laut yang menggegerkan dunia pernah terjadi di bulan April dari tahun ke tahun. Seolah menjadi duka dari laut, berikut 3 peristiwa besar yang terjadi di laut dan telah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Tenggelamnya Kapal Titanic (15 April 1912)

Kapal mewah bernama Titanic berangkat dari Queenstown, Irlandia menuju New York bersama 2.200 penumpang. Saat melintas di Samudra Atlantik, Kapal Titanic menabrak gunung es pada pukul 11.40.

Ilustrasi Titanic. (Pixabay)
Ilustrasi Titanic. (Pixabay)

 

Dirancang super canggih, Kapal Titanic kemudian menjadi pecah sebelum kemudian meluncur ke dasar laut. Bangkai kapal ini kemudian baru ditemukan berada di kedalaman hampir 4.000 meter di dasar laut dalam kondisi terbelah menjadi dua.

2. Tragedi Kapal Feri Sewol (16 April 2014)

Ilustrasi kapal pesiar. (Pixabay)
Ilustrasi kapal. (Pixabay)

 

Duka dari laut yang terjadi di bulan April terjadi di Korea Selatan pada tahun 2014 lalu. Saat itu, Kapal Feri Sewol membawa 476 penumpang termasuk 324 murid dari Sekolah Menengah Atas Danwon di Ansan.

Pada 16 April 2014, Kapal Feri Sewol melakukan belokan tajam setelah terdengar ledakan keras. Usai berusaha melakukan penyelamatan, kapal feri dengan bobot 6.800 ton ini lalu tenggelam dan meninggalkan lambungnya berwarna putih dan biru yang tetap di atas air.

3. Tragedi Kapal Selam Nanggala-402 (21 April 2021)

Ilustrasi kapal selam. (Pixabay)
Ilustrasi kapal selam. (Pixabay)

 

Tragedi laut selanjutnya yang terjadi di bulan April 2021 adalah Kapal Selam Nanggala-402. Kapal selam milik TNI Angkatan Laut ini dilaporkan hilang selama latihan pada Rabu (21/4/2021) lalu.

Usai melakukan pencarian besar-besaran, Kapal Selam Nanggala-402 baru ditemukan pada Minggu (25/4/2021) di kedalaman 838 meter. Saat ditemukan, kapal selam dengan 53 awak ini telah terbelah menjadi 3 bagian.

Hingga kini, masih belum diketahui dengan pasti mengenai penyebab tenggelamnya Kapal Selam Nanggala-402. Menggegerkan Tanah Air, tragedi ini menjadi duka mendalam untuk seluruh rakyat Indonesia terutama keluarga yang ditinggalkan.

Menjadi bagian dari sejarah dunia karena terjadi di saat-saat yang tidak terduga, itu tadi 3 tragedi laut yang terjadi selama bulan April.

Berita Terkait