Sains

Para Ahli Ungkap Jumlah Total T-Rex yang Pernah Hidup di Bumi

Para ahli menggunakan Hukum Damuth untuk menghitung populasi spesies punah.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi dinosaurus. (pixabay/RoyBuri)
Ilustrasi dinosaurus. (pixabay/RoyBuri)

Hitekno.com - Diterbitkan di jurnal Science penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada sekitar 2,5 miliar Tyrannosaurus rex pernah hidup di Bumi. 

Untuk menetapkan cara terbaik menghitung total populasi spesies punah, para ahli menggunakan Hukum Damuth.

Hukum tersebut menyatakan bahwa kepadatan populasi rata-rata dapat diprediksi berdasarkan ukuran tubuh, dengan hewan yang lebih besar memiliki populasi yang lebih kecil, dibandingkan dengan populasi hewan betubuh kecil.

T-rex terkenal dengan ukuran tubuhnya yang besar dan merupakan salah satu theropoda karnivora terbesar yang dikenal dalam ilmu pengetahuan.

Menggabungkan data paleontologi spesies ini bersama Hukum Damuth, para peneliti memperkirakan ada sekitar 20 miliar T-rex yang hidup dan menjadi karnivora selama sekitar 127.000 generasi.

Hal ini membuat ukuran populasi total spesies dinosaurus tersebut dari kemunculan hingga punah menjadi 2,5 miliar T-rex.

Perhitungan jumlah total T-Rex yang hidup di Bumi. [sciencemag.org]
Perhitungan jumlah total T-Rex yang hidup di Bumi. [sciencemag.org]

"Kepadatannya turun seiring dengan massa tubuh dan saat ini tidak ada karnivora darat sebesar T-rex. Karnivora terbesar yang masih hidup sekarang adalah beruang kutub, jadi ternyata kepadatan populasinya hanya sekitar dua kali perkiraan T-rex," kata Charles Marshall, penulis studi.

Dilansir dari IFL Science, Senin (19/4/2021), Marshall menambahkan bahwa kepadatan harimau sekitar enam kali lebih pada dan singa sekitar 14 kali lebih padat.

Pendekatan ini memiliki potensi besar yang dapat digunakan untuk memperkirakan jumlah total spesies punah, asalkan para ahli memiliki informasi yang diperlukan, seperti massa tubuh spesies, pemakan daging atau tumbuhan, dan berdarah panas atau dingin.

Informasi tersebut kemudian digabungkan dengan data tentang jangkauan geografisnya dan berapa lama spesies tersebut hidup.

Para peneliti berharap memperluas penelitian ini ke semua jenis dinosaurus yang diketahui ada dalam ekosistem T-rex. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait