Sains

Ditemukan Spesies Baru Dinosaurus, Lebih Menyeramkan dari T-rex

Yakni Llukalkan aliocranianus, yang lebih menyeramkan dari T-rex.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Katie Rose)
Ilustrasi kerangka T-rex. (Pixabay/ Katie Rose)

Hitekno.com - Para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi adanya spesies baru dinosaurus yang disebut-sebut lebih menyeramkan dibandingkan T-rex.

Hasil temuan spesies baru ini diberi nama oleh para ilmuwan sebagai Llukalkan aliocranianus.

Jika T-rex disebut sebagai raja kadal tiran, maka Llukalkan aliocranianus memiliki julukan sebagai penuai kematian karena spesies dinosaurus ini adalah pemakan daging yang mengerikan.

Ditemukan di Amerika Selatan, Llukalkan aliocranianus diketahui menjelajahi Argentina sekitar 80 juta tahun yang lalu.

Fosilnya memiliki panjang lima meter dan memiliki kepala pendek dengan tulang menonjol serta bergigi tajam.

Llukalkan aliocranianus. [Taylor & Francis Group]
Llukalkan aliocranianus. [Taylor & Francis Group]

 

Tim peneliti yang dipimpin oleh Federico Gianechini, seorang ahli paleontologi dari National University of San Luis, telah menerbitkan hasil penelitian tentang dinosaurus tersebut di Journal of Vertebrate Paleontology minggu ini.

"Ini adalah penemuan yang sangat penting karena menunjukkan keragaman dan kelimpahan abelisaurid sangat luar biasa, tidak hanya di Patagonia, tetapi juga di lebih banyak wilayah lokal," kata Gianechini, dikutip dari CNET, Jumat (2/4/2021).

Llukalkan aliocranianus adalah spesies abelisaurid, bipedal, dan memiliki lengan pendek dari periode Kapur yang menyerupai T-rex.

Penamaannya adalah campuran Mapuche, yaitu bahasa Pribumi Amerika Selatan dan Latin. Llukalkan memiliki arti "yang menyebabkan ketakutan" dan aliocranianus adalah bahasa Latin untuk "tengkorak yang berbeda".

Tim ahli menemukan fosil bagian dari tengkorak dinosaurus, termasuk area yang membungkus otak dalam keadaan terawat baik.

Lokasi penemuan Llukalkan aliocranianus. [Taylor & Francis Group]
Lokasi penemuan Llukalkan aliocranianus. [Taylor & Francis Group]

 

Fosil tersebut menunjukkan Llukalkan aliocranianus memiliki beberapa ciri yang berbeda dari sepupunya, terutama bagian sinus kecil berisi udara posterior di zona telinga tengah.

Menurut para ilmuwan, temuan ini menyiratkan adaptasi pendengaran yang berbeda dari abelisaurid lain dan kemungkinan dinosaurus ini memiliki indra pendengaran yang lebih tajam.

Meski namanya tidak sepopuler T-rex, namun dinosaurus ini memiliki tubuh yang mirip dengan T-rex dan pemakan daging yang pernah menguasai Amerika Selatan.

Itulah temuan spesies baru dinosaurus, Llukalkan aliocranianus  yang menurut ilmuwan lebih menyeramkan dibandingkan T-rex. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait