Sains

Gumpalan Cahaya Biru Terbang di Langit Hawaii, UFO?

Beberapa warga menduga cahaya yang terbang tersebut adalah UFO.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi UFO. (Pixabay)
Ilustrasi UFO. (Pixabay)

Hitekno.com - Pada 29 Desember 2020 lalu, beberapa warga Hawaii melaporkan melihat penampakan UFO. Penampakan yang berupa gumpalan biru bersinar tersebut terlihat terbang dan jatuh di perairan Oahu.

Beberapa orang yang melihat benda terbang itu segera merekamnya dan lainnya membuat laporan ke 911, menyebabkan Federal Aviation Administration (FAA) menyelidiki penampakan tersebut.

Namun, pejabat FAA tidak dapat menjelaskan banyak tentang misteri tersebut dan mengatakan tidak ada insiden atau kecelakaan pesawat yang dilaporkan di daerah itu, ketika UFO melintas sekitar pukul 8:30 malam waktu setempat.

Rekaman yang memperlihatkan cahaya biru tersebut kemudian diunggah ke YouTube pada 4 Januari oleh akun Fish News. Sayangnya, rekaman berdurasi 2 menit 3 detik tersebut terlalu buram dan goyang.

Insiden aneh itu menimbulkan spekulasi tentang alien dan pesawat yang jatuh. Namun, beberapa orang berusaha berpikir lebih positif dengan mengatakan itu kemungkinan adalah layang-layang LED.

Seorang perempuan berusia 38 tahun yang tengah melewati Moriah melihat benda biru cerah tersebut. Ia mengklaim, benda tersebut memiliki panjang seperti tiang telepon dan melesat di atas Princess Kahanu Estates di pantai barat Oahu.

Moriah mengatakan, ia mulai merekam dan mengikuti cahaya terang itu menggunakan mobil bersama keluarganya sejauh lima kilometer sebelum menyaksikannya secara perlahan jatuh ke laut.

Tak lama setelah Moriah menelepon 911, seorang petugas datang. Saat itulah Moriah dan suaminya melihat cahaya lain.

"Suamiku berkata 'lihat ke atas'. Saya melihat cahaya putih yang lebih kecil dan itu datang ke arah yang sama dengan yang biru," kata Moriah kepada Hawaii News Now, seperti dikutip dari Space.com, Jumat (8/1/2021).

Sayangnya, mereka tidak bisa melacak cahaya tersebut setelah menghilang di gunung terdekat.

Polisi setempat mengatakan tidak memiliki informasi tambahan tentang penampakan tersebut.

Meski belum diketahui apa penyebab cahaya misterius ini, namun tak jarang yang mengira objek buatan manusia atau alam seperti petir yang didug UFO. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait