Peta Baru Ini Ungkap Bentuk Bumi dengan Benua ke-8 yang Hilang

Peta Benua Zealandia ini sengaja dibuat dan dipublikasikan untuk memberikan gambaran yang akurat mengenai geologi Selandia Baru.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Rabu, 15 Juli 2020 | 16:15 WIB
Ilustrasi peta. (unsplash/@chuttersnap)

Hitekno.com - Dalam peta baru hasil penelitian ilmuwan, terungkap bentuk Bumi dengan benua ke-8 yang hilang yaitu Benua Zealandia. Sayangnya, walau peta baru ini telah mengungkap wujud benua tersebut, ilmuwan masih belum dapat memetakan luas Benua Zelandia.

Para ilmuwan dari GNS Science di Selandia Baru mengaku telah berhasil memetakan bentuk dan ukuran Benua Zealandia dengan detail yang belum pernah ditemukan dan dibuat sebelumnya.

Baca Juga: - Dibikin Kagum, NASA Pamer Foto Komet Neowise di Tata Surya - Bikin Takjub, NASA Rilis Foto Kembang Api di Kluster Bintang - Main GTA di Warnet, Cewek Berhijab Ini Bikin Netizen Penasaran - Peluncuran Robot Penjelajah Mars Baru NASA Kembali Diundur

Melansir dari Science Alert, peta Benua Zealandia ini sengaja dibuat dan dipublikasikan untuk memberikan gambaran yang akurat mengenai geologi Selandia Baru secara menyeluruh.

Untuk mengungkap bagaimana wujud Benua Zealandia ini, para ilmuwan meneliti bentuk hingga kedalaman dasar lautan termasuk profil tektoniknya yang menunjukan bagaimana Benua Zealandia tenggelam ke dasar laut di lempeng tektonik.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, Benua Zealandia diketahui memiliki ukuran hampir 2 juta mil persegi atau sekitar 5 juta kilometer persegi atau sekitar setengah ukuran Benua Australia.

Peta baru untuk Benua Zealandia. (World Data Centre for Geophysics & Marine Geology/NGDC, NOAA)

Sayangnya, kini hanya tinggal 6 persen dari Benua Zealandia yang terlihat di atas permukaan laut. Bagian kecil ini menjadi penopang pulau-pulau di utara dan selatan Selandia Baru serta Kaledonia Baru.

Berbagai penelitian lalu dilakukan untuk memahami bagian Benua Zealandia yang tenggelam tersebut. Untuk memahaminya, para ilmuwan lalu membuat peta batimetri untuk menunjukan wujud Benua Zealandia.

Dengan peta baru yang telah dibuat ini, terungkap bahwa Benua Zealandia berada di berbagai lempeng tektonik yang berada dalam proses subduksi. Untuk hal ini, ilmuwan lalu dapat memahami mengenai apa yang membuat benua ini terbentuk di lokasi tersebut.

Peta tektonik Selandia Baru. (GNS Science)

Seperti yang diketahui, Benua Zealandia berada di daerah tektonik aktif yang langsung berinteraksi dengan lempeng Australia dan Pasifik. Setidaknya ada enam gunung api aktif di lokasi tersebut.

Lebih lanjut, penelitian mengenai Benua Zealandia sebagai benua ke-8 yang hilang ini akan terus dilakukan oleh para ilmuwan guna mendapat pemahaman lebih lanjut.