Sains

BMKG: Gerhana Matahari Cincin 21 Juni Terlihat dari Bengkulu

Menurut BMKG, gerhana matahari cincin akan terjadi pada Minggu 21 Juni 2020.

Agung Pratnyawan

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)
Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

Hitekno.com - Gerhana matahari cincin bakal menghiasi langit pada hari Minggu 21 Juni 2020. Salah satu wilayah yang bisa menyaksikan fenomena ini adalah Provinsi Bengkulu.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Litman, delapan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu akan bisa menyaksikan gerhana matahari cincin ini.

Litman, seperti dilansir Suara.com, menjelaskan bahwa setidaknya delapan kabupaten di Bengkulu akan bisa menikmati fenomena langit itu, tetapi hanya sebatas gerhana matahari sebagian. Fenomena itu sendiri akan teramati selama kurang dari 1 jam.

"Fenomena GMC ini mulai teramati sekitar pukul 14.29 WIB, sedangkan puncak GMC terjadi pada pukul 14.59 WIB dan berakhir pada pukul 15.21 WIB," kata Litman di Bengkulu, Rabu (17/6/2020).

Adapun delapan kabupaten dan kota di Bengkulu di mana GMC bisa diamati yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Seluma.

Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)
Gerhana Matahari Cincin. (Shutterstock)

 

"GMC ini tidak teramati di dua kabupaten yakni Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur," kata Litman.

Kendati demikian, Litman menyebut gerhana yang teramati dari Bengkulu berupa gerhana matahari sebagian dan tidak penuh seperti di kawasan lain di dunia.

Ia menambahkan masyarakat di delapan kabupaten dan kota di Bengkulu itu bisa mengamati fenomena GMC itu dengan menggunakan kaca mata.

"Bisa diamati dengan mata telanjang, tapi sebaiknya menggunakan kaca mata pelindung, sebab GMC di Bengkulu tertutup sedikit," klaim Litman.

Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 merupakan gerhana kedua di bulan ini. Foto: gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kamis (26/12/2019). [Twitter/BMKG]
Gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 merupakan gerhana kedua di bulan ini. Foto: gerhana Matahari Cincin di Singkawang, Kamis (26/12/2019). [Twitter/BMKG]

 

Menurut BMKG pusat, gerhana matahari cincin 21 Juni akan terlihat sempurna dari kawasan Afrika bagian tengah dan utara, Timur Tengah, Pakistan, India, China, dan Pasifik.

Itulah penjelasan BMKG pada fenomena gerhana matahari cincin yang terjadi 21 Juni 2020 mendatang. Buat masyarakat Bengkulu, bersiap untuk menyaksikannya. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait