Sains

Ilmuwan Temukan Makhluk Hidup yang Bisa Hidup Tanpa Oksigen

Walaupun sudah tidak berdaya karena kehilangan kemampuan sebagai makhluk hidup, Henneguya Salminicola justru mampu bertahan tanpa membutuhkan oksigen.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Henneguya Salminicola. (Stephen Douglas Atkinson)

Hitekno.com - Pertama kali dalam sejarah, baru-baru ini ilmuwan menemukan hewan yang bisa hidup tanpa oksigen. Cukup mengejutkan, pasalnya selama ini tidak ada makhluk hidup yang bisa bertahan tanpa oksigen.

Sebelumnya, pada awal tahun 2020 ini para ilmuwan menemukan sebuah parasit yang tidak memiliki genom mitokondria. Karena hidup tanpa genom mitokondria, organisme multisel ini lalu dapat hidup tanpa membutuhkan oksigen untuk bernapas.

Padahal, setiap makhluk hidup memiliki setiap sel dengan jumlah mitokondria yang besar. Mitokondria ini yang lalu memiliki fungsi penting dalam proses pernapasan.

Mengejutkan rasanya saat kemudian Dayana Yahalomi dari Tel Aviv University di Israel melakukan penelitian pada parasit salmon biasa yaitu Henneguya Salminicola.

Mengutip Live Science, Henneguya Salminicola diketahui telah kehilangan jaringan, sel-sel saraf, hingga otot. Perlahan terungkap bahwa parasit ini juga kehilangan kemampuan bernapas.

Ilustrasi Mikroskop. (unsplash/@cheaousa)
Ilustrasi Mikroskop. (unsplash/cheaousa)

Namun, uniknya walaupun sudah tidak berdaya karena kehilangan kemampuan sebagai makhluk hidup, Henneguya Salminicola justru mampu bertahan tanpa membutuhkan oksigen.

Mengenai bagaimana kemampuan ini bisa didapati oleh Henneguya Salminicola memang masih menjadi misteri dan masih dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan hingga hari ini.

Para ilmuwan beranggapan bahwa kesimpulan yang didapat dari hal ini adalah bahwa lingkungan anaerob tidak hanya berlaku pada eukariota bersel tunggal namun juga dialami oleh hewan atau makhluk hidup multiseluler seperti parasit.

Ilustrasi penelitian. (pixabay/Public Domain Pictures)

Lebih lanjut, para ilmuwan percaya bahwa Henneguya Salminicola memberikan titik cerah bagi dunia penelitian untuk memahami transisi evolusi aerob ke metabolisme anaerob eksklusif.

Untuk memahami bagaimana hewan atau makhluk hidup yang bisa hidup tanpa oksigen ini mampu bertahan memang akan terus dilakukan. Penemuan ini menjadi salah satu hal baik untuk ilmu pengetahuan kedepannya.