Sains

Ciamik, NASA Ubah Foto Luar Angkasa Jadi Musik Indah Ini

Terinspirasi dari luar angkasa yang senyap dan hening, NASA lalu membuat video ciamik ini.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

NASA foto luar angkasa jadi musik indah. (Hubble)
NASA foto luar angkasa jadi musik indah. (Hubble)

Hitekno.com - Sebagai hiburan di tengah masa pandemi corona, NASA belum lama ini memamerkan foto luar angkasa yang diambil teleskop Hubble yang diedit menjadi musik indah yang futuristik.

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat ini melakukan eksperimen dengan mengubah foto-foto luar angkasa yang menakjubkan menjadi alunan musik yang indah.

Memainkan imajinasi siapa saja yang melihatnya, NASA seolah mengubah luar angkasa yang sepi dan sunyi menjadi lantunan musik yang justru membuat foto-foto luar angkasa ini menjadi begitu hidup.

Terinspirasi dari luar angkasa yang senyap dan hening, NASA lalu membuat video ciamik ini. Bermodalkan foto-foto luar angkasa karya teleskop luar angkasa Hubble, NASA menciptakan hal indah ini.

Mengutip Science Alert, foto-foto luar angkasa dalam video ini diambil dari proyek Advanced Camera for Surveys dan Wide-Field Camera 3 Hubble. Foto-foto ini diambil pada Agustus 2018 lalu.

Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

 

Sangking indahnya foto-foto ini, NASA menobatkannya menjadi 'peti harta karun galaksi' karena berisi berbagai galaksi super indah. Galaksi-galaksi ini menjadi rumah bagi bintang-bintang kecil yang bersinar terang.

Memanjakan mata, NASA rupanya bereksplorasi dengan menyulap foto-foto ini menjadi semakin indah dengan mengubahnya menjadi lantunan musik.

Tim NASA menyebutkan bahwa setiap foto-foto luar angkasa ini menghasilkan suara berbeda tergantung pada lokasi dan elemen di dalamnya. Bintang dan galaksi kecil diwakilkan dengan suara pendek dan jernih.

Sedangkan untuk galaksi berbentuk spiral diwakilkan dengan nada yang rumit dan panjang. Sungguh identik yang kemudian membedakan satu sama lain. Penasaran dengan musiknya? Simak videonya di bawah ini ya.

Objek di bagian bawah foto bahkan disebut-sebut menghasilkan nada yang lebih rendah. Sedangkan objek di bagian atas menghasilkan nada yang lebih tinggi.

Sesudah didengarkan, musik indah dari foto-foto luar angkasa ini menghasilkan musik yang futuristik apalagi saat mencapai galaksi RXC J0142.9 + 4438.

Diharapkan, hasil karya NASA dengan mengubah foto luar angkasa menjadi musik indah ini dapat menjadi hiburan di tengah masa sulit ini ya.

Berita Terkait