Sains

Ciamik dan Bikin Takjub, NASA Rilis Foto Jupiter dari Dekat

Permukaan planet terbesar di Tata Surya didominasi oleh awan yang membuatnya terlihat seperti cairan bermotif.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Planet Jupiter. (NASA)
Planet Jupiter. (NASA)

Hitekno.com - Baru-baru ini, NASA membuat banyak orang takjub dengan merilis foto-foto Planet Jupiter dari dekat. Begitu ciamik, foto-foto planet terdekat kelima dari Matahari ini langsung saja membuatmu berdecak kagum.

Wujud Planet Jupiter yang dirilis lembaga antariksa NASA ini memperlihatkan planet tersebut dengan sangat jelas, membuatmu seolah tengah berada di samping planet tersebut.

Melansir dari Space.com, nampak dari foto-foto Planet Jupiter ini, permukaan planet terbesar di Tata Surya didominasi oleh awan yang membuatnya terlihat seperti cairan bermotif.

Seperti yang diketahui, walaupun cukup besar, Planet Jupiter didominasi oleh gas dengan massa seperseribu massa Matahari.

Awan-awan di permukaan Planet Jupiter ini memang mirip tanda datangnya badai. Namun, di Planet Jupiter awan yang bermotif ini rupanya merupakan partikel atmosfer yang melayang.

Planet Jupiter. (NASA)
Planet Jupiter. (NASA)

 

Cukup menarik, penampakan partikel atmosfer yang mirip pertanda badai ini membuat ilmuwan penasaran untuk meneliti bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

Berbicara mengenai badai di Planet Jupiter, sebelumnya planet ini diketahui pernah diterjang badai di permukaannya. Momen saat terjadinya badai di Jupiter ini diambil oleh pesawat luar angkasa Juno pada 2018 lalu.

Saat fenomena ini terjadi, NASA menyebutkan bahwa puncak awan Jupiter sedang terjadi. Hingga kini, Juno terus berada di sekitar NASA untuk mempelajari planet ini lebih jauh.

Planet Jupiter. (NASA)
Planet Jupiter. (NASA)

 

Foto Planet Jupiter dari dekat ini berhasil diabadikan oleh wahana antariksa Juno. Saat itu, Juno berada dalam jarak yang cukup dekat dari Planet Jupiter yaitu pada jarak 15.610 mil.

Menemani aktivitas kamu di rumah aja, kamu bisa berkunjung ke situs NASA untuk melihat sendiri wujud Planet Jupiter dari dekat.

Setelah itu, NASA memberikan kesempatan kepada kamu untuk mengunggah potret Planet Jupiter yang paling kamu suka ke media sosial. Tertarik?

Berita Terkait