Sains

Diungkap Netizen, Begini Prinsip Sains Dalgona Coffee yang Viral

Secara sains, minyak dengan sifat hydrophobic ini membuat busa cepat hancur dan membentuk buih yang kental.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Kopi dalgona. (youtube.com/Michelle Choi)
Kopi dalgona. (youtube.com/Michelle Choi)

Hitekno.com - Netizen dengan akun @KemFazHas belum lama ini membuat thread panjang mengenai prinsip sains dalgona coffee yang belakangan ini sedang begitu viral diminati banyak orang.

Mengutip Guideku.com, dalgona coffee menjadi populer pertama kali karena warga Korea Selatan. Pada dasarnya, dalgona coffee merupakan kopi latte dengan rasa manis mirip permen.

Yang membuat dalgona coffee berbeda dari kopi biasanya ada pada cara penyajiannya. Walaupun sedikit ribet, dalgona coffee merupakan salah satu varian kopi yang wajib banget kamu coba ketika bosan dengan kopi biasa.

Bahan-bahan membuat dalgona coffee juga cukup mudah yaitu 2 sendok makan kopi instan, 3 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan air hangat, susu cair putih, dan es batu.

Untuk membuat dalgona coffee, kamu perlu menggunakan kopi tanpa ampas untuk menghasilkan hasil yang lebih smooth dan mirip dengan dalgona coffee di Korea Selatan.

Ilustrasi kopi. (pixabay/acekreations)
Ilustrasi kopi. (pixabay/acekreations)

 

Bukan tanpa alasan mengapa pembuatan dalgona coffee perlu menggunakan kopi tanpa ampas, hal ini karena kopi yang digunakan akan dibentuk mirip whipped cream.

Kopi tanpa ampas sendiri dapat kamu temukan pada kopi instan yang biasanya memiliki kandungan minyak yang jauh dibawah freshly grind coffee. Secara sains, minyak dengan sifat hydrophobic ini membuat busa cepat hancur dan membentuk buih yang kental.

Selain dibantu dengan minyak, gula juga ikut mempengaruhi terbentuknya buih dan membuatnya lebih tahan lama serta membuat kekentalan. Selanjutnya perbedaan tekanan di permukaan foam membuat thickening process berlangsung selama pengadukan.

Ilustrasi kopi. (pixabay/EnginAkyurt)
Ilustrasi kopi. (pixabay/EnginAkyurt)

 

Intinya, dalam pembuatan dalgona coffee, minyak merupakan hal penting yang mempengaruhi keberhasilan pembuatan kopi ini. Karena itu, bukan sembarang kopi yang bisa digunakan untuk membuat kopi ini.

Itu tadi prinsip sains dalgona coffee yang belakangan tengah viral. Perhatikan beberapa hal tersebut agar dalgona coffee buatan kamu bisa berhasil dan dapat kamu konsumsi dengan nikmat ya.

Berita Terkait