Sains

99 Pengidap Pertama Virus Corona, Studi: 5 Fakta Virus Mematikan dari Wuhan

Hasil pemeriksaan terhadap 99 orang pertama yang terjangkit virus Corona mengungkap 5 fakta penting.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Virus mematikan, corona yang diyakini berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei di China sudah menewaskan 170 orang per Kamis (30/1/2020) dan lebih dari 7.700 orang di beberapa negara dipastikan terjangkit virus tersebut. 

Para dokter di seluruh dunia kini sedang berlomba-lomba menemukan penangkal atau vaksi dari virus yang mulai mencuri perhatian sejak Desember 2019 lalu itu.

Dilansir dari BBC Jaringan Suara.com, berdasarkan sebuah studi baru yang berdasarkan pada hasil pemeriksaan terhadap 99 pasien pertama virus Corona, diketahui ada setidaknya 5 fakta penting terkait virus tersebut.

Berikut 5 fakta virus Corona seperti yang dibeberkan pada ilmuwan dalam jurnal medis Lancet pekan ini:

1. Menyerang paru-paru
2. Kematian pertama
3. Setidaknya 10 persen pengidap akan meninggal
4. Buruh pasar Wuhan
5. Lelaki paruh baya paling rentan

Berikut penjabarannya:

Paru-paru

Studi itu menemukan, 99 pasien pertama virus Corona diketahui menderita pneumonia - paru-paru mereka radang dan kantung-kantung udara di dalam organ itu, dipenuh oleh air.

Gejala lain antara lain demam pada 82 orang, batuk pada 81 orang, sesak nafas pada 31 orang, nyeri otot pada 11 orang, pusing-pusing pada 9 orang, delapan orang merasa sakit kepala, dan lima orang mengaku sakit tenggorokan.

Korban tewas pertama

Dua orang pertama yang tewas akibat virus Corona awalnya terlihat sehat, meski mereka sudah lama merokok.

Orang pertama adalah lelaki berusia 61 tahun. Ia diketahui mengalami pneumonia saat pertama kali diperiksa di rumah sakit. Dia meninggal setelah 11 hari dirawat.

Korban kedua adalah lelaki 69 tahun. Ia didiagnosis mengalami sindrome paru-paru akut. Dia meninggal akibat pneumonia parah dan saat tekanan darahna tiba-tiba anjlok.

Rata-rata kematian: 10 persen

Per 25 Januari, dari 99 pasien pertama virus Corona, ada 57 orang yang masih dirawat di rumah sakit, 31 sudah dipulangkan, dan 11 tewas.

Artinya, sejauh ini, setidaknya 10 persen dari yang terjangkit akan tewas.

Pasar Wuhan

Binatang yang dijual di pasar ikan Huanan, Wuhan diyakini sebagai asal muasal virus Corna atau yang dinamai 2019-nCoV. Sebanyak 49 dari 99 korban pertama virus itu, pernah berhubungan langsung dengan pasar tersebut.

Dari 49 orang itu, 47 bekerja di pasar tersebut sebagai manajer atau penjaga toko. Dua yang lain adalah pelanggan yang berbelanja.

Paling rentan: lelaki paruh baya

Dari 99 pasien pertama itu, diketahui berusia rata-rata 56 tahun. Sebanyak 67 di antara mereka adalah lelaki. Laporan terbaru dari pusat pencegahan dan pengendalian penyakit China, diketahui bahwa lebih banyak lelaki yang terjangkit virus itu.

Meski demikian, penting juga dicatat bahwa dari 57 penderita pertama virus Corona yang masih dirawat, 40 di antaranya diketahui sudah lebih dulu menderita penyakit yang membuat mereka lebih rentan terinfeksi atau membuat sistem imun tubuh melemah.

Sebanyak 40 orang diketahui memiliki pembuluh darah yang rusak akibat penyakit jantung, gagal jantung, atau stroke. Sementara 12 orang lainnya menderita diabetes.(BBC Jaringan Suara.com/Liberty Jemadu)

Berita Terkait