Sains

Paling Jelas, Begini Potret Permukaan Matahari yang Bikin Takjub

Potret permukaan Matahari yang baru saja ditemukan ini adalah yang paling jelas yang pernah ada dalam sejarah ilmu pengetahuan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Potret permukaan Matahari. (NSO)
Potret permukaan Matahari. (NSO)

Hitekno.com - Ilmuwan belum lama ini memamerkan potret permukaan Matahari yang membuat takjub siapa saja. Nampak sangat jelas dengan detail paling memukau, potret Matahari ini sukses mencetak sejarah baru di dunia ilmu pengetahuan.

Mengandalkan teleskop anyar yang super canggih, Daniel K Inouye Solar Telescope, ilmuwan sukses merekam gambar permukaan Matahari dengan detail.

Mengutip NY Times, potret permukaan Matahari ini nampak memperlihatkan warna emas dengan bentuk mirip nugget yang terbagi dalam beberapa bagian yang kemudian menjadi satu.

Lebih lanjut, para ilmuwan menjelaskan bahwa bagian tengah Matahari ini adalah pusat pelepasan panas yang hebat dengan suhu mencapai 6.000 derajat celcius.

Bagian sekeliling Matahari nampak memiliki bagian gelap yang disebut-sebut menjadi tempat plasma Matahari mendingin.

Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)
Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)

 

Menurut para ilmuwan, potret permukaan Matahari yang baru saja ditemukan ini adalah yang paling jelas yang pernah ada dalam sejarah ilmu pengetahuan.

Bagaimana tidak? Daniel K Inouye Solar Telescope diketahui memiliki kaca utama setebal 4 meter yang membuatnya menjadi yang paling besar jika dibandingkan dengan teleskop Matahari lainnya.

Daniel K Inouye Solar Telescope ini terletak di gunung berapi wilayah Maui, Hawaii dan di tempatkan berada di ketinggian 3.000 meter.

Potret permukaan Matahari. (NSO)
Potret permukaan Matahari. (NSO)

 

Teleskop ini biasanya digunakan untuk mempelajari Matahari dengan lebih dalam. Penggunaan teleskop ini diharapkan dapat memprediksi space weather atau cuaca antariksa yang berasal dari Matahari.

Potret permukaan Matahari yang didapat oleh Daniel K Inouye Solar Telescope menjadi salah satu penemuan yang dipamerkan dengan bangga oleh para ilmuwan. Ke depannya, sangat diharapkan jika banyak hal serupa yang ditemukan.

Berita Terkait