Sains

Perlahan Meredup, Bintang Ini Bisa Sebabkan Ledakan Supernova?

Ledakan supernova yang cukup dahsyat diprediksi akan terjadi saat Beelgeuse kehilangan cahayanya dan mati.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay)
Ilustrasi galaksi di alam semesta. (Pixabay)

Hitekno.com - Bintang paling terang bernama Betelgeuse belum lama ini dilaporkan meredup secara tiba-tiba. Redupnya bintang ini diprediksi mampu sebabkan ledakan supernova yang dahsyat.

Secara bertahap, pengamatan mengenai Betelgeuse dilakukan oleh para ilmuwan. Betapa mengejutkan ketika diketahui bintang dengan cahaya terang ini malah akan meredup.

Pada dasarnya, tidak ada catatan pasti mengenai dampak-dampak apa saja yang akan terjadi saat bintang paling terang ini meredup.

Namun, ledakan supernova yang cukup dahsyat diprediksi akan terjadi saat Beelgeuse kehilangan cahayanya dan mati.

Dilansir dari Space.com, redupnya cahaya bintang paling terang di langit ini jelas pertanda bahwa sesuatu akan terjadi. Salah satunya ialah masa kematian bintang tersebut.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/theartofsounds2001)
Ilustrasi galaksi. (pixabay/theartofsounds2001)

 

Para ilmuwan menjelaskan bahwa Betelgeuse kemungkinan akan mereduk terbakar cerahnya dan kemudian mati dan menimbulkan ledakan supernova yang menakjubkan.

Seperti yang diketahui, supernova sendiri tercipta akibat ledakan bintang di galaksi. Ledakan ini memancarkan energi yang lebih banyak dari nova pada biasanya. Jika hal ini terjadi, dapat dipastikan masa kematian bintang tersebut.

Jika ledakan supernova ini terjadi, fenomena menakjubkan di galaksi tersebut akan nampak dengan jelas dari Bumi. Mengingat Betelgeuse hanya berjarak 700 tahun cahaya.

Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)
Ilustrasi galaksi. (pixabay/skeeze)

 

Walaupun sudah terlihat sangat meredup dan segera akan mati, tidak diketahui dengan pasti kapan fenomena dahsyat ini akan terjadi.

Ilmuwan menjelaskan bahwa momen spektakuler di langit ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Namun, jika suatu saat hal tersebut akan terjadi, ilmuwan dibuat penasaran dengan ledakan supernova dahsyat yang terlihat dari Bumi saat Betelgeuse atau bintang paling terang ini meredup dan kehilangan cahayanya.

Berita Terkait