Sains

X-57 Maxwell, Pesawat Terbang Listrik Pertama di Dunia yang Dijajal NASA

NASA X-57 Maxwell diadaptasi dari pesawat baling-baling bermesin ganda Tecnam P2006T buatan Italia.

Agung Pratnyawan

Pesawat Terbang Listrik NASA X-57 Maxwell. (NASA)
Pesawat Terbang Listrik NASA X-57 Maxwell. (NASA)

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA tidak hanya melakukan penelitian untuk luar angkasa. Namun kini juga tertarik dalam pesawat terbang bertenaga listrik.

NASA memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan pesawat terbang masa depan yang dijalankan dengan tenaga listrik.

Sebagaimana dikutip dari Reuters pada Minggu (10/11/2019), NASA baru saja memamerkan model awal dari pesawat terbang bertenaga listrik pertama di dunia yang bernama NASA X-57 Maxwell, pada Jumat waktu setempat.

Meski baru pertama kali diperkenalkan kepada umum, namun pengembangan pesawat terbang listrik ini sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu.

Secara keseluruhan, desain NASA X-57 Maxwell diadaptasi dari pesawat baling-baling bermesin ganda Tecnam P2006T buatan Italia.

Namun, NASA menjelaskan bahwa saat ini X-57 Maxwell masih memerlukan waktu sekitar satu tahun lagi sebelum melakukan tes terbang pertamanya yang dijadwalkan Pangkalan Angkatan Udara Edward, California, Amerika Serikat.

Sedangkan untuk mesin utamanya, NASA membenamkan 14 motor listrik yang ditenagai baterai ion lithium yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Pesawat Listrik NASA X-57 Maxwell. (NASA/ Steve Parcel)
Pesawat Listrik NASA X-57 Maxwell. (NASA/ Steve Parcel)

 

Sementara untuk mengobati rasa penasaran akan pengalaman menggunakan pesawat terbang bertenaga listrik, NASA telah membuat simulator yang memungkinkan para insinyur dan pilot merasakan seperti apa rasanya sensasi menerbangkan X-57 Maxwell.

Itulah NASA X-57 Maxwell, pesawat terbang listrik yang dikembangkan badan antariksa ini. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait