Sains

Dicecar Penganut Bumi Datar, Astronaut Malaysia Bersumpah Bumi Bulat

Shukor pernah terbang ke ISS menggunakan Soyuz TMA-10 pada tahun 2007 silam.

Dinar Surya Oktarini

Astronaout Malaysia. (Instagram/@drsheikhmuszaphar)
Astronaout Malaysia. (Instagram/@drsheikhmuszaphar)

Hitekno.com - Perdebatan mengenai bentuk Bumi hingga kini masih menjadi masalah oleh sejumlah kelompok, contoh saja komunitas flat earth atau penganut bumi datar.

Namun salah satu Astronaut pertama Uni Emirat Arab, Hazza Al Mansouri belum lama ini kembali dari International Space Station (ISS) dan menyatakan bentuk Bumi adalah bulat. Pernyataan tersebut juga dipertegas oleh astronaut asal Malaysia, Dr Sheikh Muszaphar Shukor.

Ia adalah seorang dokter bedah ortopedi dan juga seorang astronaut pertama Malaysia. Shukor pernah terbang ke ISS menggunakan Soyuz TMA-10 pada tahun 2007 silam.

Shukor mengaku melihat sendiri pemandangan menakjubkan Bumi yang berbentuk bulat. Tetapi belakangan ini ia dicecar netizen penganut Bumi datar pertanyaan tentang seperti apa sebenarnya bentuk planet ini.

Bahkan beberapa memintanya untuk bersumpah demi Tuhan jika memang Bum berbentuk bulat. Kesal dengan cercaan pertanyaan tersebut, akhirnya ia menulis pada sebuah unggahan di Instagram pribadinya.

Dirinya merasa seharusnya wujud Bumi sudah jelas pada postingan fotonya sebelumnya, tetapi dia menilai apapun yang dikatakannya tak dapat meyakinkan penganut Bumi datar,

Dalam unggahan Instagram-nya, Shukor mencoba memenuhi permintaan netizen yang mencecarnya.

Konfirmasi astronaut Malaysia. (Instagram/@drsheikhmuszaphar)
Konfirmasi astronaut Malaysia. (Instagram/@drsheikhmuszaphar)

 

''Saya tidak begitu saja menggunakan nama Allah untuk membuktikan sesuatu dan membuat orang percaya pada saya. Itulah alasan Allah memberikan kita akal untuk mendapat pengetahuan dan belajar hal-hal baru. Tapi jika itu yang diperlukan, demi Allah, saya bersumpah bahwa Bumi itu bulat seperti yang saya lihat dengan mata saya sendiri di angkasa'' tulisnya dalam unggahan Instagram.

Meskipun sudah ia jelaskan secara lengkap, namun tetap saja unggahannya ini dibanjiri komentar dari netizen.

Hingga kini unggahan mengenai astronaut Malaysia bersumpah bentuk Bumi bulat ini sudah mendapatkan lebih dari 41 ribu penyuka.

Berita Terkait