Sains

Bikin Takjub, NASA Unggah Potret Awan Pulau Sulawesi dari Luar Angkasa

Tangkapan gambar yang menakjubkan dari NASA ini didapat saat ISS melintasi khatulistiwa.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Pulau Sulawesi dari ISS. (instagram/nasaearth)
Pulau Sulawesi dari ISS. (instagram/nasaearth)

Hitekno.com - National Aeronautics and Space Administration atau NASA belum lama ini mengunggah potret awan pulau Sulawesi dari luar angkasa. Bikin takjub, potret terminator awan pulau Sulawesi ini dianggap sebagai yang paling indah di dunia.

Potret awan pulau Sulawesi ini diunggah NASA ke akun Instagram @nasaearth pada Sabtu (10/8/2019) lalu.

Dalam potret tersebut terlihat sebagian daratan di pulau Sulawesi yang terutup kumpulan awal saat matahari terbit. Potret ini pertama kali diabadikan oleh salah satu astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 19 Mei 2019 lalu.

Terlihat juga semenanjung utara pulau Sulawesi yang didominasi warna jingga akibat matahari pagi. Sedangkan sisi lain dari pulau tersebut nampak samar dengan balutan awan dengan bayangan panjang.

Menurut caption dalam unggahan NASA, area yang lebih gelap dari potret ini merupakan tepi garis siang dan malam atau yang dikenal sebagai terminator.

ISS ketika mengorbit di atas Bumi. (NASA)
ISS ketika mengorbit di atas Bumi. (NASA)

 

Tangkapan gambar yang menakjubkan dari NASA ini didapat saat ISS melintasi khatulistiwa. Keberadaan Indonesia di garis khatulistiwa membuat negara ini lebih berawan dari biasanya.

Saat matahari terbit, awan memberikan bayangan panjang pada sudut rendah. Sedangkan di cakrawala, bayangan nampak lebih pendek karena matahari sudah meninggi di langit.

Karena karakteristiknya yang berawan, daerah Indonesia lebih sulit diidentifikasi dari jendela ISS yang berada di luar angkasa. Cahaya matahari yang menyoroti garis pantai biasanya membuat kabur bayangan awan dari ISS.

Ilustrasi atmosfer Bumi. (Pixabay/ qimono)
Ilustrasi atmosfer Bumi. (Pixabay/qimono)

 

Terlepas dari kesulitannya mengidentifikasi daerah ini, astronot rupanya dibuat penasaran untuk menangkap potret pulau Sulawesi dari luar angkasa.

Potret awan pulau Sulawesi dari ISS ini diambil menggunakan kamera digital Nikon D5 dengan lensa 58 milimeter. Biasanya, potret-potret Bumi dari ISS ini akan dikirimkan ke Bumi dan digunakan untuk penelitian lebih lanjut.

Kalau astronot saja dibuat takjub dengan potret awan pulau Sulawesi dari luar angkasa, kamu ikut takjub nggak?

Berita Terkait