Sains

Topan Hagibis, Bencana Dahsyat yang Ditandai dengan Langit Pink di Jepang

Topan Hagibis ini akan menjadi topan terbesar yang pernah terjadi di Jepang selama 1 dekade terakhir.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi topan. (pixabay/WikImages)
Ilustrasi topan. (pixabay/WikImages)

Hitekno.com - Pada Sabtu (12/10/2019), warga Jepang dibuat heboh usai menyaksikan fenomena langit pink di Jepang. Cukup membuat takjub, siapa sangka jika langit pink ini merupakan tanda datangnya bencana dahsyat bernama Topan Hagibis.

Topan Hagibis diprediksi akan menerjang sebagian wilayah Jepang pada akhir pekan ini. Salah satu daerah yang diprediksi segera disambangi topan ini adalah Kawasan Tokai atau Kanto.

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan bahwa Topan Hagibis ini akan menjadi topan terbesar yang pernah terjadi di Jepang selama 1 dekade terakhir.

Dilansir dari BBC, Topan Hagibis ini memiliki mata sepanjang 55 mil atau kurang lebih sekitar 88 kilometer. Diameter topan ini akan mencapai 1.400 kilometer.

Banyak yang menyebutkan jika Topan Hagibis ini memiliki ukuran keseluruhan yang jauh lebih besar dari keseluruhan negara Jepang.

Fenomena langit Jepang berubah jadi pink keunguan  (twitter.com/desu_unknown)
Fenomena langit Jepang berubah jadi pink keunguan (twitter.com/desu_unknown)

 

Nantinya, Topan Hagibis akan membawa hujan dengan intensitas paling tinggi dalam 60 tahun terakhir. Mengenai kekuatan terjangan topan ini diprediksi akan jauh lebih kuat dari Topan Dorian yang terjadi di Bahama awal tahun 2019 ini.

Lebih lanjut, Topan Hagibis memiliki kecepatan angin mencapai 240 kilometer per jam dan mampu menyapu bersih apa saja yang berada di depannya.

Prediksi lain menyebutkan bahwa Topan Hagibis ini akan jauh lebih dahsyat dari Topan Ida yang sebelumnya pernah melanda Jepang pada tahun 1958 lalu. Saat itu, Topan Ida menyebabkan total 1.200 korban jiwa.

Ilustrasi topan. (pixabay/Skeeze)
Ilustrasi topan. (pixabay/Skeeze)

 

Topan Hagibis merupakan salah satu jenis topan paling kuat di dunia. Makin parah, Topan Hagibis ini mampu menyebabkan gelombang tinggi di seluruh perairan Jepang.

Ancaman Topan Hagibis ini membuat beberapa penerbangan dibatalkan. Tidak hanya itu, puluhan ribu rumah tidak akan dialiri listrik. Toko hingga jaringan kereta api juga akan ditutup sementara hingga kondisi aman.

Pihak penanganan bencana lalu melakukan evakuasi pada masyarakat yang tinggal di beberapa daerah-daerah dengan resiko tinggi akan Topan Hagibis. Walaupun begitu menakjubkan dengan langit pink-nya, perlu diwaspadai Topan Hagibis ini ya.

Berita Terkait