Sains

Karena Alasan Agama, Keluarga Ini Sembunyikan Fosil Hewan Prasejarah

Dengan alasan agama, keluarga ini khawatir jika fosil tersebut dapat mengancam kepercayaan pada agama yang dianut.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi fosil. (pixabay/Public Domain Pictures)
Ilustrasi fosil. (pixabay/Public Domain Pictures)

Hitekno.com - Salah satu keluarga di Victoria, Inggris belum lama ini diketahui sengaja menyembunyikan fosil hewan prasejarah selama 1,5 abad. Dengan alasan agama, keluarga ini khawatir jika fosil tersebut dapat mengancam kepercayaan pada agama yang dianut.

Dilansir dari IFL Science, fosil hewan prasejarah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1850. Fosil hewan Ichthyosaurus ini ditemukan saat sedang dilakukan penggalian material di sebuah lokasi tambang.

Keluarga Julian Temperley yang merupakan pengusaha material bangunan ini memutuskan untuk mengubur fosil tersebut di rumah tempat keluarga ini tinggal.

Tidak ingin menyangkal kisah penciptaan dan asal-usul manusia yang mengacu pada teori evolusi Charles Darwin, keluarga ini memutuskan untuk mengubur fosil hewan prasejarah tersebut.

Julian Temperley saat masih kanak-kanak mengaku sering bermain bersama fosil hewan prasejarah tersebut. Usai bermain bersama fosil tersebut, dirinya dan rekan keluarga yang lain akan menguburnya kembali.

Tepat pada tahun 2014, saat lokasi rumahnya dilanda banjir hebat akibat musim dingin, keluarga ini lalu memutuskan untuk menggali fosil hewan prasejarah tersebut dan merawatnya.

Ilustrasi fosil. (pixabay/771141)
Ilustrasi fosil. (pixabay/771141)

 

Dengan menggunakan bantuan pengumpul fosil, Chris Moore, fosil hewan prasejarah ini dibersihkan dan dirawat.

Sedikit informasi mengenai fosil hewan prasejarah ini yaitu Ichthyosaurus atau kadal ikan. Jenis hewan ini termasuk dalam reptil laut yang sudah punah dan memiliki bentuk menyerupai kadal dan lumba-lumba.

Fosil hewan ini di beberapa daerah pertama kali ditemukan pada awal abad ke-19 oleh Mary Anning, seorang ahli paleontologi Inggris dan pencari fosil profesional.

Sejauh ini, spesies hewan prasejarah terbesar pernah ditemukan dan digali pada pertengahan 1990-an dan memiliki panjang antara 3 hingga 3,5 meter.

Saat akhirnya terungkap ke publik, fosil hewan prasejarah ini akan dirawat untuk diteliti ke depannya.

Berita Terkait