Sains

Sempat Dikira Pesawat, Bola Api yang Terbelah di Langit Ternyata Meteor

Menurut para saksi, bola api yang diduga meteor itu, memancarkan sinar cemerlang saat melesat, kemudian terbelah dua, sebelumnya akhirnya menghilang.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi meteor memasuki atmosfer Bumi (Shutterstock).
Ilustrasi meteor memasuki atmosfer Bumi (Shutterstock).

Hitekno.com - Warga Inggris sempat dihebohkan dengan penampakan benda asing di langit. Sebuah benda seperti bola apai di langit pagi Inggris ini awalnya disangka pesawat, namun ternyata sebuah meteor.

Baru diketahui kalau bola api di langit Inggris ini adalah sebuah meteor setelah para astronom mengatakannya.

Sejumlah warga Inggris pada Minggu pagi (8/9/2019) mengontak petugas keamanan setelah melihat sebuah bola api melesat di udara, terbelah dua, dan hilang saat menukik ke Bumi.

Menerima laporan-laporan itu, kepolisian Devon and Cornwall di barat daya Inggris menggelar misi pencarian karena menduga bola api itu adalah pesawat yang jatuh.

Dalam pencarian yang digelar Minggu pagi itu mereka mengerahkan dua buah pesawat udara.

Tetapi pencarian tersebut tidak membuahkan hasil.

"Kami senang karena ini ternyata bukan kecelakaan pesawat dan tidak ada orang yang menjadi korban," kata John Shuttleworth, juru bicara kepolisian seperti dilansir The Guardian.

Ilustrasi meteor sedang memasuki atsmofer Bumi (Shutterstock).
Ilustrasi meteor sedang memasuki atsmofer Bumi (Shutterstock).

 

Lebih lanjut polisi mengatakan, jika bola api yang dilihat warga adalah pesawat maka akan ditemukan serpihan atau puing yang tertinggal.

Selain itu dari catatan otoritas penerbangan, tidak ada pesawat yang melewati daerah tersebut pada jam yang dimaksud.

Tak lama berselang, UK Meteor Network (UKMON) - sebuah organisasi jaringan astronom amatir di Inggris, mengumumkan bahwa telah terjadi hujan meteor di sekitar barat daya Inggris.

Salah satu meteor diyakini melesat di atas Devon and Cornwall dan melintasi Selat Channel.

"UKMON dan BOAM (jaringan astronom amatir Prancis) telah mendeteksi sebuah bola api besar di atas Selat Channel. Itu sebenarnya adalah sebuah meteor yang bergerak pelan sembari memancarkan sinar terang. Gerakannya tertangkap oleh empat kamera di Inggris dan satu di Prancis," jelas Richard Bassom, salah satu astronom dari UKMON.

Itulah bola api di langit Ingrris yang sempat disangka pesawat ternyata sebuah meteor. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait