Sains

5 Pulau Misterius Mendadak Muncul ke Permukaan, Kok Bisa?

Para ilmuwan menduga bahwa kemunculan pulau misterius ini akibat banyaknya gletser yang mencair di Kutub Utara.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Lapisan es Arktik di Kutub Utara. (NASA)
Lapisan es Arktik di Kutub Utara. (NASA)

Hitekno.com - Angkatan Laut Rusia belum lama ini menemukan 5 pulau misterius yang menadadak muncul di Samudera Arktik. Sangat misterius dan tiba-tiba, penelitian lalu dilakukan oleh para ahli untuk mengungkap penyebab kemunculan ini.

Survei topografi lalu dilakukan untuk kemudian ditambahkan ke peta dan material navigasi serta instruksi deskripsi pulau-pulau baru tersebut.

Ekspedisi untuk survei topografi ini dilakukan Northern Fleet bersama beberapa peneliti dan dimulai sejak 15 Agustus lalu menggunakan kapal penyelamatan bernama Altai.

Rute pelayaran ini mengarah mengikuti Julius vo Payer pada 1874, Frederick Jackson pada 1897, Evelyn Baldwin, Georgy Brusilov, dan lainnya.

Usai kemudian menemukan pulau-pulau misterius ini, catatan penelitian lalu mengungkap bahwa pulau-pulau ini sebelumnya sudah ditemukan pada tahun 2016 lalu oleh Insinyur Marina Migunova.

Lapisan es di Pulau Baffin semakin menyusut. (Wikipedia/ NASA)
Lapisan es di Pulau Baffin, Arktik semakin menyusut. (Wikipedia/ NASA)

 

Melakukan penelitian di kawasan terpencil tempat militer Rusia membangun pangkalan Angkatan Laut, para peneliti ini melihat adanya perubahan garis pantai pada Pula Franz Josef dan Kepulauan Novaya Zemlya. Pulau-pulau baru ini berada di Vise Bay Pantai Kara Novaya Zemlya.

Diketahui bahwa pulau misterius ini muncul dari bawah gletser dekat lapisan es Nansen yang merupakan hamparan beku yang membentang sekitar 30 mil x 10 mil.

Para ilmuwan menduga bahwa kemunculan pulau misterius ini akibat banyaknya gletser yang mencair di Kutub Utara wilayah Kanada. Tidak terlihat selama 40.000 tahun, akhirnya hal ini muncul.

Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

 

Fakta bahwa saat ini Artktik begitu panas hingga membuat gletser dan lapisan es bereaksi dengan cepat cukup menjadi penjelasan dari penyebab munculnya pulau misterius ini.

Selain menciptakan kemunculan pulau-pulau misterius, akibat mencairnya gletser ini juga membuat banyak jalur pelayaran yang dibuka setelah sebelumnya sempat beku.

Sempat menjadi tanya, akhirnya pertanyaan mengenai kemunculan pulau misterius secara mendadak ini akhirnya terjawab.

Berita Terkait