Gadget

Penelitian Terbaru Pakai Smartphone Lebih dari 5 Jam Bisa Sebabkan Obesitas

Tak hanya nggak baik untuk mental, tetapi juga untuk kesehatan tubuh.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Pengguna smartphone kerapa kali tak sadar dan lupa waktu saat asyik memainkannya. Apalagi para gamers yang betah memainkan smartphone hingga berjam-jam.

Mungkin dari kalian pernah mendengar kalau menggunakan smartphone berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan mental.

Tetapi kini sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pengguna smartphone bisa menjadi gemuk jika menggunakan smartphone lebih dari lima jam sehari.

Studi ini dirilis pada 24 Juli di Konferensi Amerika Latin 2019 ACC, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Univiersitas Simon Bolivar.

Menurut penelitian, 1.060 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simon Bolivar dari Juni hingga Desember 2018 telah dianalisis.

Dari kelompok yang dianalisis, 700 di antaranya adalah wanita dan 360 di antaranya adalah pria, berusia antara 19 dan 20 tahun.

Studi ini menemukan bahwa jika seseorang menggunakan smartphone mereka selama lebih dari lima jam sehari, maka risiko obesitas meningkat sebesar 43 persen.

Mereka juga menemukan bahwa bermain terlalu banyak memggunakan smartphone akan membuat orang yang mengembangkan kebiasaan gaya hidup lain dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/sweetlouise)
Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/sweetlouise)

 

Namun alasannya adalah bukan menggunakan ponselnya sepanjang hari, namun hanya karena terlalu lama duduk dan tak banyak melakukan aktivitas fisik.

Peneliti menemukan bahwa siswa yang berpartisipasi dua kali lebih mungkin untuk minum manis dan makanan cepat saji lebih banyak.

Sementara mengonsumsi banyak makan dan minuman manis pengguna smartphone malah tak banyak melakukan aktivitas fisik jika menggunakan smartphone mereka.

Menurut penelitian, 36.1 persen laki-laki cenderung kelebihan berat badan dan 42,6 persen obesitas.

Sementara itu, perempuan 63,9 persen cenderung kelebihan berat badan dan 57,4 persen cenderung obesitas.

Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi pengguna smartphone. (Pixabay/Pexels)

 

Disimpulkan para ilmuwan 26 persen dari subyek yang kelebihan berat badan dan 4,6 persen yang mengalami obesitas menghabiskan lebih dari lima jam menggunakan perangkat mereka.

''Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku tidak bergerak, mengurangi waktu aktivitas fisik yang meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal'' kata spesialis jantung paru dan rehabilitasi vaskular di Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simón Bolívar di Barranquilla, Kolombia.

Jadi jangan berlama-lama menatap smartphone dan lakukan aktivitas fisik lebih lama jika tak ingin berakhir obesitas.

Berita Terkait