Sains

Buat Penasaran, Arkeolog Temukan Kerangka Manusia dengan Bentuk Mirip Alien

Keberadaan alien hingga kini masih menjadi misteri terkait kebenarannya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi kerangka. (pixabay/makamuki0)
Ilustrasi kerangka. (pixabay/makamuki0)

Hitekno.com - Arkeolog belum lama ini menemukan tiga kerangka manusia kuno di Kroasia, Eropa. Buat penasaran, salah satu dari kerangka manusia ini memiliki bentuk mirip alien.

Penemuan ini jelas membuat bingung banyak orang. Pasalnya, keberadaan alien hingga kini masih menjadi misteri terkait kebenarannya. Dilansir dari Live Science, penemuan kerangka manusia kuno ini dimuat dalam jurnal PLOS One pada 21 Agustus 2019 lalu.

Sempat membuat heboh para arkeolog, usai dilakukan penelitian, akhirnya terungkap asal mula kerangka manusia dengan bentuk mirip alien ini.

Menurut hasil penelitian, diduga kuat tengkorak-tengkorak ini sengaja dibentuk demikian untuk menunjukan kelompok budaya tertentu.

Dahulu kala, kebiasaan membentuk tengkoran ini dilakukan oleh beberapa daerah di dunia. Kebiasaan ini dibuat dengan menggunakan perban yang diikat kencang pada kepala seseorang saat masih bayi.

Penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien. (M Kavka CC By 4.0)
Penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien. (M Kavka CC By 4.0)

 

Karena dilakukan saat masih bayi, bentuk tengkorak kepala yang masih lunak akan secara langsung membuat bentuk kepala berubah.

Mengenai alasan perubahan bentuk kepala pada kerangka manusia yang mirip alien ini bisa saja dilakukan dengan berbagai alasan. Seperti untuk status sosial hingga untuk mempercantik diri.

Banyak yang menduga jika kebiasaan ini dilakukan pertama kali di China pada 12.000 tahun yang lalu. Sayangnya, mengenai alasan kemunculannya pertama kali belum diketahui.

Bersamaan dengan penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien, para arkeolog juga menemukan kerangka kuno lainnya yang ditempatkan di sebuah lubang kuburan arkeologi Hermanov Vinogard di Kroasia.

Penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien. (M Kavka CC By 4.0)
Penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien. (M Kavka CC By 4.0)

 

Berbagai metode penelitian dilakukan untuk menemukan kebenaran terkait kerangka manusia ini. Antara lain seperti analisa DNA, pengambaran radiografi, hingga radiasi.

Hasilnya, tiga kerangka manusia ini berjenis kelamin laki-laki yang meninggal pada usia 12 hingga 16 tahun. Ketiganya sama-sama mengalami malnutrisi yang tidak diketahui merupakan penyebab kematian atau bukan.

Sempat membuat heboh, berdasarkan penelitian mendalam, penemuan kerangka manusia dengan bentuk mirip alien ini akhirnya terungkap kebenarannya.

Berita Terkait