Sains

Gempa 5,1 SR Guncang Bantul dan Yogyakarta, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Netizen sempat heboh sambut gempa ini, hingga Bantul masuk ke trending topik Twitter Indonesia.

Agung Pratnyawan

Seismograf [Wikipedia].
Seismograf [Wikipedia].

Hitekno.com - Gempa kembali mengguncang Tanah Air. Kini terpantau gempa 5,1 SR mengguncang wilayah Bantul dan Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (10/8/2019.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di Samudera Indonesia,Barat Daya Bantul.

Lebih tepatnya berada di koordinat 8.81 LS dan 110.08 BT, sekitar 105 km Barat Daya Bantul. Dengan episenter gempa berada di kedalaman 10 km.

Dari pantauan BMKG, gempa terjadi pada Sabtu malam pukul 20.26 WIB. Menurut BMKG, gempa ini juga tidak berpotensi terjadi tsunami.

Menurut BKMG juga, daerah yang terdampak gempa skala II hingga II MMI ini kisaran wilayah Bantul, Yogyakarta, Giri Mulyo, Maguwoharjo, juga Selman.

Sedangkan wilayah yang mengalami gempa dengan skala II MM antara lain Cilacap, Ponorogo, Pacitan, dan Purworejo.

Hingga berita ini dimuat, belum ada laporan kerugian maupun korban akibat gempa ini. Belum ada juga laporan mengenai adanya kerusakan karena gempa.

Informasi gempa Bantul dari BMKG. (Twitter/ infoBMKG)
Informasi gempa Bantul dari BMKG. (Twitter/ infoBMKG)

 

Namun kemunculan gempa di Bantul ini cukup membuat netizen di Twitter ramai. Hingga Bantul masuk dalam trending topik Twitter Indonesia.

Terpantau semenjak gempa terjadi, Bantul masih masuk dalam 4 besar trending topik Twitter Indonesia pada Sabtu pukul 21.37 WIB.

Baru beberapa menit dari terpantaunya gempa, netizen sudah sigap mencari informasi dan mencuitkan soal gempa di Bantul ini.

Berita Terkait