Sains

3 Tanaman Ini Bisa Jadi Solusi Masalah Polusi Udara di Jakarta

Selain tanaman lidah mertua, berikut tim HiTekno lansir 3 tanaman yang bisa jadi solusi masalah polusi udara di Jakarta.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Polusi udara Jakarta. (Suara.com/Muhaimin A Untung)
Polusi udara Jakarta. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Hitekno.com - Masalah polusi udara di Jakarta saat ini menjadi sorotan banyak orang. Sebagai bentuk penanganan, pemerintah DKI Jakarta berencana untuk menanam tanaman lidah mertua. Selain tanaman lidah mertua, 3 tanaman ini bisa menjadi solusi masalah polusi udara di Jakarta.

Rencana pemerintah untuk menggunakan tanaman lidah mertua sebagai penanganan masalah polusi udara di Jakarta ini merujuk pada penelitian ACS Environmental Science & Technology yang menyebutkan bahwa tanaman hijau begitu efektif untuk mengurangi polusi udara.

Ancaman polusi udara cukup membahayakan. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti kanker paru-paru seperti asma, infeksi saluran pernapasan, hingga pneumonia.

Jangan harap menemukan langit biru layaknya di kota lain jika kamu berkunjung ke Jakarta. Polusi udara Jakarta terlihat layaknya kabut yang menutupi seluruh kota.

Selain tanaman lidah mertua, berikut tim HiTekno lansir tiga tanaman yang bisa jadi solusi masalah polusi udara di Jakarta.

1. Tanaman Pakis

Tanaman pakis. (Wikipedia/Rror)
Tanaman pakis. (Wikipedia/Rror)

 

Yang pertama adalah tanaman pakis. Mudah ditemui, tanaman pakis ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Beberapa orang bahkan menggunakan tanaman pakis sebagai makanan untuk dikonsumsi dan tumbuhan obat.

Tanaman pakis ini rupanya berfungsi untuk membantu mengatasi polusi udara karena mampu menghilangkan racun formaldehyde dan xylene.

2. Phoenix Palm

Phoenix palm. (Wikipedia/Mmcknight4)
Phoenix palm. (Wikipedia/Mmcknight4)

 

Phoenix Palm adalah salah satu spesies tanaman palem yang berasal dari Asia Timur hingga Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh 1 sampai 3 meter.

Keunggulan tanaman ini adalah mampu menghilangkan racun formaldehyde dan xylene yang merupakan polusi udara. Bentuknya yang cantik membuat tanaman ini dapat digunakan sebagai hiasan.

3. Sirih Gading

Sirih gading. (Wikipedia/Joydeep)
Sirih gading. (Wikipedia/Joydeep)

 

Tumbuhan dengan nama latin Epipremnum Aureum ini adalah tanaman yang disebut sangat ampuh melawan racun.

Sama seperti dua tanaman di atas, Sirih Gading dapat digunakan untuk menangkal racun xylene, benzene, formaldehyde, dan trichlorethylene.

Untuk lingkup kecil, 3 tanaman di atas bisa kamu tempatkan di ruangan kerja atau rumah kamu agar menjadi penangkal akan masalah polusi udara yang sedang terjadi di Jakarta ini.

Berita Terkait