Sains

Bikin Kaya Mendadak, Ada Asteroid Berisi Emas dan Logam Mulia

Sebuah asteroid yang berisi emas dan logam mulia kini tengah dipelajari oleh NASA.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi asteroid menuju Bumi. (Metro)
Ilustrasi asteroid menuju Bumi. (Metro)

Hitekno.com - Apa saja yang terkandung dalam sebuah asteroid? Apakah hanya bongkahan batu saja? Ternyata ada asteroid yang mengandung banyak emas dan logam mulia di dalamnya.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA sedang mempelajari asteroid yang dikenal dengan nama 16 Psyche.

Asteroid ini memiliki massa kurang dari 1 persen dari bulan kita dan mengandung banyak platinum, besi dan nikel di samping emas.

Nilai total gabungan dari semua logam mulia itu akan sama dengan sekitar 700 triliun dolar AS atau sekitar Rp 9.865.209,07 triliun.

Jika kamu membawanya kembali ke Bumi dan membagikan keuntungannya secara merata, itu akan membuat kita semua menjadi miliarder berulang kali.

Mengembalikan seluruh asteroid akan membutuhkan waktu. Saat ini, asteroid itu berada di suatu tempat antara Mars dan Jupiter.

Psyche mengukur sekitar 140 mil dan NASA telah tahu tentang hal itu untuk sementara waktu. Badan antariksa itu berencana meluncurkan pesawat pada Agustus 2022 untuk mengunjungi asteroid tersebut.

Asteroid berisi emas dan logam mulia, 16 Psyche. [NASA]
Asteroid berisi emas dan logam mulia, 16 Psyche. [NASA]

 

Rencananya adalah untuk tiba di sana pada tahun 2026 dan menghabiskan 21 bulan di orbit, melakukan studi penuh terhadap batuan ruang angkasa ini.

NASA akan menggunakan peralatan seperti imager ultispectral, sinar gamma dan spektrometer neutron dan magnetometer. Tentu saja, ini hanya untuk tujuan ilmiah dan NASA tidak mencari uang dari asteroid tersebut.

Tetapi yang lain yakin bahwa menambang asteroid adalah hal besar berikutnya. Ini adalah industri booming berikutnya. Setelah menyiapkan infrastruktur maka kemungkinannya hampir tak terbatas.

"Ada sejumlah uang astronomi yang harus dihasilkan oleh mereka yang cukup berani untuk menghadapi tantangan serbuan asteroid," kata Mitch Hunter-Scullion, yang mendirikan Asteroid Mining Company yang berbasis di Inggris dilansir dari Metro mengutip BBC.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)
Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)

 

Perusahaan penambangan Asteroid berencana untuk memulai operasi penambangan di luar angkasa pada tahun 2030.

Sementara itu, NASA berpendapat bahwa 16 Psyche mungkin terbentuk melalui tabrakan planet-planet selama pembentukan tata surya. Menjelajahinya bisa memberi tahu para ilmuwan bagaimana inti Bumi terbentuk.

"Jauh di dalam planet berbatu, terestrial, termasuk Bumi, para ilmuwan menyimpulkan keberadaan inti logam, tetapi ini tidak dapat dijangkau di bawah mantel berbatu dan kerak planet. Karena para ilmuwan tidak dapat melihat atau mengukur inti Bumi secara langsung, Psyche menawarkan jendela unik ke dalam sejarah tabrakan dan akresi yang menciptakan planet terestrial," jelas NASA.

Jika mendapatkan asteroid ini, akah bisa kaya mendadak dari emas dan logam mulia tersebut? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait