Sains

Wanita Ini Hidup Lebih dari 99 Tahun dengan Organ Tubuh yang Tak Lazim

Mahasiswa kedokteran ini dibuat terkejut saat menyadari bahwa sejumlah organ tubuh wanita ini berada di lokasi yang salah.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi nenek tua. (Pixabay)
Ilustrasi nenek tua. (Pixabay)

Hitekno.com - Rose Marie Bentley, wanita yang hidup hingga 99 tahun asal Amerika Serikat belum lama ini mengungkap hal mengejutkan. Selama hidupnya, organ tubuh wanita ini berada di lokasi yang salah.

Meninggal pada Oktober 2017 lalu, Rose Marie Bentley memutuskan untuk menyumbangkan tubuhnya untuk penelitian yang dilakukan di sebuah universitas yang berada di Portland, Oregon.

Saat tubuhnya hendak digunakan, mahasiswa kedokteran ini dibuat terkejut saat menyadari bahwa sejumlah organ tubuh wanita ini berada di lokasi yang salah.

Beberapa kali pemeriksaan dilakukan, namun mahasiswa dan dosen universitas tersebut masih belum bisa memastikan penyebab hal tersebut terjadi pada Rose Marie Bentley. Makin membuat heran, mereka juga dibuat bingung mengenai bagaimana Rose dapat hidup sehat selama 99 tahun.

Mahasiswa dan dosen universitas kedokteran tersebut menemukan hal ini usai melakukan pembedahan celah kardiovaskuler. Sayangnya, tim ini tidak bisa menemukan pembuluh utama tersebut.

Rose Marie Bentley. (Photo courtesy of Bentley family)
Rose Marie Bentley. (Photo courtesy of Bentley family)

 

Rose Marie Bentley sendiri diketahui mengalami situs inversus dengan levocardia yang menyebabkan hati, lambung, dan organ-organ perut miliknya berada pada posisi yang berbeda dari mahasiswa pada umumnya.

Salah satu organ tubuhnya yang berada di lokasi yang tepat hanyalah jantung yang berada di sisi kiri tubuh.

Situs inversus dengan levocardia ini merupakan kondisi yang langka dan terjadi sekali dalam 22.000 kelahiran. Biasanya kondisi ini terkait dengan masalah jantung yang tentunya membahayakan jiwa dan kelainan.

Menurut pengakuan anak-anak Rose Marie Bentley, ibunya hidup dengan sangat sehat tanpa kondisi kronis. Kecuali, dirinya hanya sering mengalami rematik.

Operasi yang pernah ia lakukan hanyalah operasi usus buntu yang sebelumnya pernah memiliki catatan yang menginfokan bahwa organ tubuh Rose berada di lokasi yang tidak biasa.

Tercatat, kasus organ tubuh yang berada di lokasi yang salah ini hanya terjadi dalam dua kasus di seantero dunia. Unik?

Berita Terkait