Sains

Hasil Penelitian, Ini Perbedaan Utama Pria dan Wanita Saat Jatuh Cinta

Jatuh cinta lah saat kamu benar-benar siap dan yakin dengan pasangan ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@ Milan Popovic)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@ Milan Popovic)

Hitekno.com - Seluruh manusia pasti pernah merasakan jatuh cinta. Perasaan tersebut datang tanpa diduga-duga dan direncanakan. Menurut para ahli, ada perbedaan utama saat pria dan wanita jatuh cinta. Kira-kira apa ya?

Jatuh cinta biasanya membuatmu menjadi sosok yang lebih baik. Menjadi lebih bersemangat menjalani hari, hingga sangat bahagia karena kamu memiliki seseorang untuk saling berbagi perhatian dan kasih sayang.

Perasaan ini tidak dapat diprediksi dan terjadi secara tiba-tiba serta alami. Kadang kamu dibuat heran ketika jatuh cinta dengan orang yang sebelumnya tidak kamu sangka. Jatuh cinta memang sangat mengejutkan.

Pada penelitian yang dilakukan oleh Jonathan Bennett dan David Bennett yang kini menjadi pendiri Double Trust Dating, pria cenderung sangat mudah jatuh cinta.

Kalau sudah jatuh cinta, pria akan sangat jago dalam mengekspresikan perasaannya kepada wanita.

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@Parker Whitson)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@Parker Whitson)

 

Sedangkan wanita akan sangat hati-hati saat jatuh cinta dan memberikan hatinya untuk seorang pria. Namun, kamu akan dibuat terkejut saat dirinya sudah memantapkan hati dan jatuh cinta padamu.

Masa-masa pendekatan atau pedekate akan menunjukkan bahwa para pria sangat mudah mengucapkan kata cinta jika dibandingkan dengan wanita.

Karena sangat hati-hati dan tidak gegabah, wanita cenderung sangat tidak buru-buru untuk mengungkapkan kata cinta seperti ''aku sayang kamu..''. Butuh waktu ya?

Hal berbeda terjadi ketika wanita sudah jatuh cinta pada laki-laki yang ia cintai. Ia akan merasa sangat nyaman untuk mengungkapkan perasaannya kapan saja.

Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso).
Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso)

 

Poin ini dibenarkan oleh Dr. Danielle Forshee. Dilansir dari Bustle, saat sudah fix jatuh cinta, kalimat-kalimat manis dan penuh cinta akan dirasa memiliki makna yang dalam bagi wanita jika dibandingkan dengan pria.

Hal ini dianggap merupakan bentuk komitmen dalam menjalin sebuah hubungan.

Jika di awal, pria begitu sangat antusias dan bersemangat untuk mengucap kata cinta. Saat sudah menjalin hubungan, wanita akan lebih aktif dan terus menyampaikan perasaannya pada pria yang ia cintai.

Penelitian dari University of California menyebutkan bahwa pria cenderung memiliki tingkat cinta pada pandangan pertama dan cinta yang tidak berbalas yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan wanita.

Gimana para pria dan wanita, kamu merasakan hal yang sama saat jatuh cinta? Yang jelas, jatuh cinta lah saat kamu benar-benar siap dan yakin dengan pasangan ya.

Berita Terkait