Sains

Elang Ini Bawa Domba ke Langit, Pemandangan yang Luar Biasa

Pemandangan elang laut yang membawa domba ini sangat mengagumkan.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi elang laut. (Wikipedia/ National Digital Library)
Ilustrasi elang laut. (Wikipedia/ National Digital Library)

Hitekno.com - Seseorang yang berlibur dengan istrinya di Skotlandia dikagetkan dengan pemandangan elang laut yang membawa seekor domba ke langit.

''Kami melihat makhluk besar ini di atas langit dan istri saya mengira itu adalah ikan. Kami kemudian menyadari bahwa itu adalah domba dan saya langsung merekamnya. Burung itu sedang berjuang, ini pemandangan luar biasa,''kata Douglas Currie setelah menjadi saksi pemandangan menakjubkan tersebut.

Penampakan menakjubkan tersebut diambil oleh Currie di sebuah pulau yang dinamai Isle of Mull.

Saat diposting di Facebook, gambar-gambar itu memicu perdebatan sengit tentang rencana kontroversial untuk memperbanyak elang laut.

Elang ini bawa domba ke udara. (Facebook/ FieldsportsChannel.tv)
Elang ini bawa domba ke udara. (Facebook/ FieldsportsChannel.tv)

 

Sekelompok aktivis lingkungan dan konservasionis diketahui mendapatkan izin untuk melepas 30 pasang elang laut di pantai selatan Inggris.

Para peternak domba yang ada di daerah tersebut marah besar dan kejadian di atas bisa saja dialami oleh domba mereka.

Beberapa saksi mata yang berkomentar di Facebook menyatakan bahwa elang laut kadang memakan anak domba di peternakan mereka.

Mereka khawatir pertumbuhan elang laut menjadi tak terkendali sehingga ternak mereka menjadin korbannya.

Dilansir dari USA Today, Phil Stocker, kepala eksekutif National Sheep Association menilai bahwa aksi menambah elang laut sebagai bagian dari wisata dan konservasi adalah sebuah kegilaan.

''Bagaimanapun elang laut dipandang sebagai predator hewan yang berbahaya. Foto ini membuktikan maksud kami. Saya pikir elang laut juga berbahaya bagi hewan peliharaan, kucing, anjing, dan sebagainya. Benar-benar konyol,'' komentar Phil Stocker.

Elang laut berencana diperbanyak sebagai bagian dari ekowisata di sepanjang pantai selatan Inggris.

Meski elang laut yang membawa domba ke langit dan memakannya adalah pemandangan yang mengagumkan, namun itu bisa menjadi kabar buruk bagi peternak domba di sepanjang daerah tersebut.

Hewan tersebut dikenal sebagai predator puncak pada rantai makanan di daerah pesisir laut. Elang laut mempunyai lebar sayap 8 kaki atau 2,5 meter, cukup besar untuk membawa seekor domba ke langit.

Sebuah video YouTube di atas menampakkan kambing setelah dimakan oleh elang pada menit ke 8. Meski elang laut juga merupakan hewan yang dilindungi di berbagai negara, namun sepertinya harus ada aturan atau kompensasi bagi peternak kambing juga.

Berita Terkait