Sains

Doomsday Vault, Gudang Khusus yang Disiapkan saat Kiamat Tiba

Doomsday Vault ini menyimpan segala kebutuhan manusia saat kiamat mengancam.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia

Doomsday Vault. (Wikipedia/Miksu)
Doomsday Vault. (Wikipedia/Miksu)

Hitekno.com - Percaya atau tidak, siap atau tidak, kiamat tentu menjadi ancaman bagi seluruh penghuni Bumi. Seolah sedang mempersiapkan diri, Doomsday Vault lalu disiapkan. Doomsday Vault sendiri merupakan gudang khusus yang disiapkan saat kiamat tiba.

Dilansir dari Daily Mail, Doomsday Vault ini berada di Norwegia. Gudang ini dibuat usai ada kabar yang menyebutkan bahwa akan terjadi pemanasan global yang mempercepat proses kehancuran dan kelaparan di Bumi.

Menanggapi ancaman besar ini, para ilmuwan lalu membuat sebuah gudang yang secara khusus dipersiapkan saat kiamat tiba.

Sebelumnya, gudang ini bernama Global Seed Vault. Namun usai viral dan menghebohkan di media sosial, gudang ini dikenal dengan nama Doomsday Vault.

Doomsday Vault. (Wikipedia/NordGen Dag Terje Filip Endresen)
Doomsday Vault. (Wikipedia/NordGen Dag Terje Filip Endresen)

 

Doomsday Vault ini menyimpan segala kebutuhan manusia saat kiamat mengancam. Dalam gudang ini, kamu akan menemukan sebuah ruang penyimpanan makanan yang dikeringkan dan tahan lama. Sejumlah pakaian dengan cadangan air dan obat-obatan.

Tidak hanya menyimpan bahan makanan, Doomsday Vault juga menyimpan satu juta sampel gen manusia, hewan, dan tumbuhan. Tujuannya tentu untuk melakukan kloning kehidupan baru sesaat setelah kiamat berakhir.

Gudang khusus ini diklaim tidak dapat hancur walaupun dihantam berbagai hal. Doomsday Vault menjadi satu-satunya tempat manusia bertahan hidup saat dunia kiamat dan berakhir.

Klaim mengenai Doomsday Vault ini rupanya tidak mampu bertahan lama. Usai dilakukan uji coba selama satu dekade, lokasi gudang ini disebut sebagai lokasi yang paling cepat panas yang ada di ujung Bumi.

Doomsday Vault. (Wikipedia/Frode Ramone from Oslo,Norway)
Doomsday Vault. (Wikipedia/Frode Ramone from Oslo,Norway)

 

Pasalnya lokasi Doomsday Vault di Svalbard, Norwegia dalam beberapa waktu terakhir ini menjadi salah satu tempat dengan suhu yang meningkat hingga 10 derajat celcius.

Perubahan temperatur ini membuat Doomsday Vault menjadi sangat hangat. Ini jelas menjadi masalah untuk gudang khusus ini.

Akibatnya, terjadi pencairan lapisan es yang mengakibatkan terowongan pintu masuk menjadi banjir. Banyak peralatan yang rusak akibat banjir yang terjadi pada tahun 2017 ini.

Hingga kini, masih belum diketahui nasib Doomsday Vault yang disebut-sebut sebagai gudang khusus saat kiamat tiba ini. Berharap saja, di kemudian hari, akan ada penanganan dari para ilmuwan mengenai sistem dan kekuatan Doomsday Vault saat akhirnya kiamat menyapa kehidupan umat manusia di Bumi.

Berita Terkait