Sains

Penampakan Puting Beliung Dahsyat di Laut Ini Serem Abis

Rupanya fenomena alam ini disebut sebagai belalai air.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Penampakan puting beliung di laut. (twitter/izskyline)
Penampakan puting beliung di laut. (twitter/izskyline)

Hitekno.com - Sebuah video puting beliung dahsyat di laut belum lama ini menjadi viral di Twitter usai diunggah akun @izskyline pada Senin (1/4/2019). Hal unik terjadi dengan fenomena alam ini. Mendekati daratan kota Penang, Malaysia, puting beliung ini lalu menghilang secara misterius.

''Kuasa Allah, nak dijadikan cerita puting beliung jadi kt penang. Tp bila nk smpai ke darat dia trus hilang. Alhamdulillah nothing serius..'' tulis cuitan pengguna akun @izskyline.

Dalam video berdurasi 23 detik tersebut, terlihat puting beliung yang menghubungkan langit yang mendung dan air laut ini mengarah dengan kecepatan tinggi ke kota Penang.

Sangat dahsyat, dapat dipastikan jika puting beliung ini mampu menghempas apa saja yang tersapu atau masuk di dalamnya.

Mengarah dengan kecepatan tinggi ke kota Penang, secara mengejutkan puting beliung ini menghilang sesaat setelah tiba di pesisir kota tersebut.

Video ini menjadi viral di Twitter dan membuat banyak orang penasaran dan bertanya-tanya mengenai kejadian tersebut.

Menurut para ahli fenomena alam tersebut merupakan belalai air atau waterspout. Fenomena ini dilaporkan sering terjadi di beberapa wilayah yang berada di tepi pantai.

Umumnya, belalai air ini menciptakan pusaran air yang terhubung dengan awan hitam di langit. Peristiwa seperti ini terbentuk di perairan maupun tengah laut lepas.

Belalai air ini dapat terjadi saat cuaca sedang buruk dan ditandai dengan awan gelap dan tebal serta angin kencang seolah akan hujan lebat. Fenomena ini sering terjadi di musim hujan karena munculnya awan cumulonimbus di langit.

Lalu, apakah belalai air ini sama dengan puting beliung?

Penampakan puting beliung di laut. (twitter/izskyline)
Penampakan puting beliung di laut. (twitter/izskyline)

 

Jawabannya adalah sama. Belalai air adalah fenomena alam yang serupa dengan puting beliung. Bedanya, belalai air ini terjadi di daerah perairan dan ditandai dengan meningkatnya pusaran air berbentuk belalai dan menuju awan berwarna hitam di langit.

Sedangkan puting beliung pada umumnya sering terjadi di daratan dengan kekuatan yang jauh lebih besar.

Jangkauan belalai air juga tidak lebih parah dari tornado. Pusaran angin belalai air hanya bergerak dengan radius ratusan meter. Berbeda dengan tornado yang mencapai ratusan kilometer.

Sayangnya, mengenai bagaimana puting beliung tersebut bisa menghilang secara misterius usai mendekati daratan kota Penang, masih belum diketahui.

Penampakan fenomena alam puting beliung yang ternyata adalah belalai air ini menjadi viral di Twitter hingga ditonton sebanyak lebih dari 469 ribu kali dan mendapat 37.720 retweets dari sesama pengguna Twitter.

Berita Terkait