Sains

Tertangkap Kamera, Ini Penampakan Meteor Hantam Amerika Serikat

Penampakan meteor yang menghantam langit Amerika Serikat membuat heboh puluhan ribu netizen.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Cahaya dari meteor yang menghiasi langit Amerika Serikat. (YouTube/ EVE Pro Guides)
Cahaya dari meteor yang menghiasi langit Amerika Serikat. (YouTube/ EVE Pro Guides)

Hitekno.com - Tampak sebuah meteor hantam Amerika Serikat dan beberapa warga setempat berhasil merekamnya. Penampakan meteor ini terlihat jelas sehingga kilauan hantaman tersebut terlihat jelas di atas langit.

Beberapa kamera sempat menangkap penampakan meteor dengan jelas yang menghantam langit di daerah Florida, Amerika Serikat.

''Tertangkap sebuah cahaya aneh yang jatuh dari langit malam ini,'' kata Eric Shultz, seorang netizen yang mengunggah penampakan meteor yang nampak di atas langit pada Sabtu (30/03/2019) malam hari.

Shultz berhasil merekam penampakan tersebut melalui sebuah kamera yang terpasang di depan rumahnya.

Seorang netizen yang kebetulan melintas di jalan juga sempat mereka kejadian tersebut melalui sebuah kamera yang ada di dashboard mobil.

''Kawan, apakah kamu melihat itu,'' kata Jeffrey Cardona di akun Twitter miliknya yang membagikan sebuah video mengenai penampakan meteor.

Seorang saksi mata dan juga seorang YouTuber dengan akun EVE Pro Guides mengatakan bahwa ia telah sebuah ''meteor hijau'' yang tiba-tiba melintas di atas langit.

Menurut laporan CNN, National Weather Service mendapatkan sebuah kabar dari seorang saksi yang mengatakan meteor mendarat di dekat Perry, Florida.

Seorang ilmuwan dan juga profesor astromedia di Florida State University, Peter Hoeflich, mengatakan bahwa meteor tersebut kemungkinan pecah menjadi bagian terlalu kecil.

Ia juga menjelaskan peristiwa itu sebenarnya sering terjadi, namun kita jarang melihatnya karena itu tersebar di beberapa bagian Bumi.

Sebanyak 25 ton benda luar angkasa jatuh di planet Bumi setiap hari.

Dia mengatakan bahwa hal yang normal ketika orang begitu heboh ketika meteor melintasi daerah dengan padat penduduk.

Padahal sebenarnya, penampakan dramatis itu sering terjadi pada area yang tidak berpenghuni.

''Ini adalah penampakan yang spektakuler karena kita mengamatinya. Tapi banyak dari penampakan-penampakan tersebut yang tidak kita perhatikan. Sangat jarang untuk benar-benar merekamnya,'' kata Hoeflich dikutip dari Tallahassee News.

Ilmuwan tersebut juga menjelaskan bahwa meteor itu kemungkinan berasal dari sabuk asteoroid antara Mars dan Jupiter.

Ia berasumsi bahwa bagian dari meteor itu kemungkinan tidak bersisa atau hanya sedikit yang sampai dia atas tanah.

Sebagian besar meteor kemungkinan sudah pecah dan habis terbakar saat melintasi langit.

Terlepas dari habis atau tidaknya meteor, penampakan meteor dalam bentuk kilauan cahaya yang mendadak menghiasi langit Amerika Serikat itu telah membuat heboh puluhan ribu netizen.

Berita Terkait