Sains

Ditemukan Ledakan Cahaya Misterius di Atmosfer, Ini Penjelasan Ilmuwan

Ilmuwan masih belum bisa menjelaskan ledakan cahaya misterius ini secara ilmiah.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi ledakan di atmosfer. (Creative Commmon)
Ilustrasi ledakan di atmosfer. (Creative Commmon)

Hitekno.com - Ilmuwan baru saja menemukan ledakan cahaya misterius yang sampai sekarang masih belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Seperti biasa, netizen yang ada di salah satu forum Reddit mengaitkan hal ini dengan kunjungan alien.

Fenomena ledakan misterius ditangkap oleh satelit Mikhailo Lomonosov dari Universitas Negeri Moskow.

Tetapi fenomena tersebut belum dimasukkan di jurnal penelitian dan baru sebatas pengamatan saja.

Mikhail Panasyuk, direktur Institut Riset Fisika Nuklir di Universitas Negeri Moskow, berbicara kepada Sputnik News tentang pengamatan aneh ini.

Namun ilmuwan tersebut tak mengaitkan hal ini dengan alien namun lebih menjelaskan bahwa kemungkinan ini merupakan fenomena fisika yang baru.

''Selama penerbangan Lomonosov di ketinggian beberapa lusin kilometer, kami telah mengamati beberapa 'ledakan' cahaya yang sangat kuat. Namun semuanya tampak baik-baik saja, tak ada badai dan tak ada awan,'' kata Mikhail Panasyuk.

Meme netizen tentang alien. (Ghiphy)
Meme netizen tentang alien. (Ghiphy)

 

Satelit astronomi Rusia, Mikhailo Lomonosov dari Universitas Negeri Moskow diluncurkan ke orbit Bumi pada tahun 2016.

Setelit dirancang untuk mengamati fenomena sementara di atmosfer Bumi. Sensor di satelit juga dirancang untuk mempelajari karakteristik radiasi magnetosfer planet dan penelitian kosmologis dasar,

Detail tentang ledakan misterius ini memang belum dijelaskan secara spesifik, namun itu bisa menjadi teka-teki baru untuk ilmuwan.

Sebenarnya ledakan cahaya sangat umum di fenomena fisika. Ledakan cahaya seperti Sprite misalnya, itu biasanya terjadi di atas badai petir dan merupakan fenomena umum.

Namun mengingat ledakan misterius terjadi ketika tidak ada badai, maka itu bisa menjadi pertanyaan besar.

Ledakan cahaya Sprite. (Flickr/ Stuart Rankin)
Ledakan cahaya Sprite. (Flickr/ Stuart Rankin)

 

DIkutip dari IFLScience, pada tahun 2017, peneliti NASA juga pernah menemukan kilatan cahaya tiba-tiba yang diamati dari luar angkasa.

Setelah diteliti, itu disebabkan karena sinar Matahari yang memantulkan kristal es.

Mereka menyadari, kilatan cahaya ini berasal dari awan cirrus yang terletak 5-8 kilometer di atas permukaan Bumi.

Namun keterangan dari Panasyuk mengatakan bahwa ledakan cahaya misterius itu terjadi ketika tidak ada awan di sekitarnya.

Hal itu bisa menjadi pertanyaan tersendiri ketika ledakan cahaya misterius berulang kali terjadi ketika situasi sedang normal.

Karena ilmuwan masih belum bisa menjelaskan fenomena ledakan cahaya misterius ini, para penggemar teori konspirasi mungkin akan senang hati mengaitkannya dengan alien.

Berita Terkait