Sains

Gerhana Bulan Serigala Terjadi di Januari 2019, Catat Tanggalnya

Gerhana Bulan seperti ini tidak akan terjadi lagi hingga 2021.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Martin Adams)

Hitekno.com - Super Blood Wolf Moon atau Gerhana Bulan Serigala akan terjadi di Januari 2019. Gerhana Bulan total satu ini memberikan pemandangan langint yang berbeda.

Para penggemar fenomena langit pasti sudah menanti-nantikan kemunculan Gerhana Bulan Serigala ini. Kenapa banyak yang menantikannya?

Super Blood Wolf Moon ini merupakan fenomena langit yang tak biasa. Kata super artanya gerhana Bulan ini terjadi saat purnama sekaligus berada dekat dengan Bumi.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Stephan Herb)
Ilustrasi Gerhana Bulan. (unsplash/Stephan Herb)

 

Dengan posisinya di titik terdekat dengan Bumi, maka bulan akan memancarkan cahaya yang lebih terang dan besar dari biasanya.

Lalu kata blood sebagai sebutan jika warna Bulan akan memerah seperti darah. Warna ini bisa terbentuk karena bayangan Bumi menutupi permukaan Bulan.

Sedangkan kata wolf berasal dari kata serigala. Ketika bulan purnama tiba, biasanya serigala akan keluar lalu melolong.

Serigala. (pixabay/Pixel-mixer)
Serigala. (pixabay/Pixel-mixer)

 

Gerhana Bulan ini terjadi di masa-masa terjadinya Bulan Purnama saat serigala pada keluar untuk melolong. Karena itulah namanya Super Blood Wolf Moon.

Lalu kapan Gerhana Bulan Serigala ini terjadi?

Dikutip dari NBC News, fenomena langit ini terjadi mulai dari Minggu, (20/01/2019) dini hari waktu AS.Namun puncaknya terjadi pada Senin, (21/01/2019) waktu setempat.

Gerhana Bulan seperti ini tidak akan terjadi lagi hingga 2021 mendatang, atau tepatnya Mei 2021.

Gerhana Bulan Serigala ini bisa dinikmati dari beberapa tempat di Amerika Selatan, Amerika Utara, Sebagian wilayah Barat Eropa dan Afrika.

Gerhana Bulan. (TimeAndDate)
Gerhana Bulan. (TimeAndDate)

 

Sayangnya, di kawasan lain termasuk Asia dan Indonesia tak dapat melihat Super Blood Wolf Moon ini. Namun tenang, pasti banyak yang menyajikan live steamingnya.

Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa menyaksikan fenomena langit Gerhana Bulan Serigala ini. Tapi lebih asyik melihat langsung sih.

Berita Terkait