Sains

5 Misteri Sains yang Hingga Kini Belum Bisa Dijelaskan

Nomor 5 paling misterius.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)
Albert Einstein. (pixabay/ParentRep)

Hitekno.com - Jika kamu percaya bahwa sains bukanlah sebuah misteri karena dapat dipecahkan dengan berbagai ilmu, maka kamu salah. Faktanya sains, sama saja dengan misteri lainnya yang asal-usulnya terkadang sulit dipahami. Beberapa misteri sains hingga kini masih saja membuat bingung para ilmuwan.

Berbagai penelitian dan usaha telah dilakukan oleh para ilmuwan. Tujuannya tentu untuk membuktikan asal-usulnya.

Salah satu misteri sains yang hingga kini masih menjadi bahan penelitian adalah mengenai penemuan mumi. Walaupun beberapa kali berhasil dibongkar dan diketahui asal-usulnya, penemuan ini tidak jarang masih menimbulkan banyak pertanyaan bagi para ilmuwan.

Apalagi metode yang terjadi dan dilakukan di masa lampau cenderung misterius dan sangat sulit untuk dipahami dari sisa-sisa peninggalannya.

Berikut beberapa misteri sains yang hingga kini masih membuat bingung para ilmuwan. Simak daftarnya di bawah ini ya.

1. Mumi Firaun

Ilustrasi Mesir. (pixabay/Nadine Doerle)
Ilustrasi Mesir. (pixabay/Nadine Doerle)

 

Mumi memang sudah ada dan berasal dari ribuan tahun yang lalu. Sisa sejarah dari kehidupan sebelumnya yang terkubur seiring berkembangnya zaman. Pada dasarnya, mumi adalah mayat yang diawetkan dengan cara mumifikasi yang terkenal dari Mesir Kuno.

Salah satu mumi yang menyimpan banyak misteri dan membuat para ilmuwan bingung adalah mumi Firaun.

Dalam tubuh mumi Firaun, para peneliti berhasil menemukan zat kimia yang sangat modern. Padahal usia mumi ini sendiri sudah berada ribuan tahun yang lalu. Zat kimia dalam mumi firaun ditemukan pada daerah kulit, tulang, dan rambut Firaun.

Keberadaan zat kimia ini memang masih menjadi misteri hingga hari ini. Beberapa ilmuwan bahkan belum juga berani muncul dengan analisanya mengenai hal tersebut.

2. Kekuatan Metafisika

Ilustrasi. (pixabay/moritz320)
Ilustrasi. (pixabay/moritz320)

 

Kekuatan metafisika biasanya dimiliki oleh para peramal. Nama-nama besar seperti Baba Vanga hingga Nostradamus adalah deretan bukti nyatanya.

Deretan peramal ini sukses memprediksi berbagai hal yang terjadi di masa depan. Tak jarang, beberapa ramalan ini sukses dan menjadi kenyataan.

Sayangnya, para ilmuwan sampai hari ini masih belum bisa menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

3. Bigfoot

Ilustrasi. (pixabay/tama66)
Ilustrasi. (pixabay/tama66)

 

Kemunculan Bigfoot di dunia memang masih menjadi misteri. Beberapa kali, makhluk misterius ini menampakkan dirinya. Pada abad ke-19, makhluk ini pernah menampakkan dirinya di Amerika Utara dan Kanada.

Secara bentuk, Bigfoot terlihat seperti kera namun dengan ukuran yang lebih besar. Beberapa kali, banyak yang percaya jika makhluk ini tidak nyata.

Walaupun sebagian tidak percaya, ada beberapa ahli yang mencoba menelitinya dan membuktikan keberadaannya.

4. Alien

Ilustrasi. (pixabay/Pawel86)
Ilustrasi. (pixabay/Pawel86)

 

Untuk beberapa orang, alien tentu sangat tidak nyata. Namun, untuk beberapa orang lainnya, alien dipercaya ada dan nyata.

Beberapa kali ada pemberitaan mengenai kemunculan alien di Bumi. Entah itu benar atau tidak, namun untuk para ilmuwan hal ini sangat sulit untuk dipahami.

Apalagi kemunculan alien tidak bisa langsung ditemui hingga kini. Beberapa kesaksian mengenai kemunculannya, dianggap sebagai teori konspirasi.

5. Pengalaman menjelang kematian

Ilustrasi. (pixabay/Science Freak)
Ilustrasi. (pixabay/Science Freak)

 

Banyak yang percaya jika sesaat sebelum seseorang bertemu dengan kematiannya, ia akan melihat tempat yang indah, bertemu beberapa orang, hingga mengalami banyak hal.

Kepercayaan ini bisa saja muncul karena banyaknya film fiksi mengenai hal tersebut. Faktanya, untuk beberapa kasus, hal ini memang sering terjadi.

Namun, mengenai bagaimana hal ini bisa terjadi, masih menjadi misteri untuk para ilmuwan yang justru tidak bisa menjelaskan hal tersebut.

Itu tadi deretan misteri sains yang hingga kini masih belum bisa dijelaskan oleh para ilmuwan. Beberapa misteri ini memang masih tinggal dan akan terus menjadi pertanyaan banyak orang. Kita nantikan perkembangan sains berikutnya. Siapa tahu nantinya akan terjawab.

Berita Terkait