Sains

Deretan Tanda Jatuh Cinta Menurut Sains, Kamu Gitu Juga Nggak?

Jatuh cinta berjuta rasanya nggak nih?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi pasangan kekasih. (unsplash/pablomerchanm)
Ilustrasi pasangan kekasih. (unsplash/pablomerchanm)

Hitekno.com - Sebagai manusia, kamu pasti tidak lepas dari namanya jatuh cinta. Kata sebuah penggalan lagu, jatuh cinta itu memberikan sejuta rasa. Lalu bagaimana tanda jatuh cinta secara sains?

Biasanya, seseorang yang sedang jatuh cinta akan merasa sangat senang dan lebih bersemangat. Hal ini bisa saja karena perasaan kasmaran yang menggelora.

Selain rasa senang dan bersemangat, seseorang yang sedang jatuh cinta biasanya akan merasa jantungnya berdebar dengan lebih cepat, tangan berkeringat, dan suasana hati yang bagus.

Dalam tubuh manusia, jatuh cinta ternyata bereaksi dengan sangat luar biasa. Jatuh cinta bahkan dapat mengubah beberapa hal dalam tubuh menjadi lebih baik.

Secara kesehatan, jatuh cinta membuat neurokimia seperti dopamin dan oksitosin akan masuk ke otak dan menimbulkan perasaan bahagia yang langsung mengalirkan respon positif secara fisik dan psikologis.

Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso).
Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso).

 

Itu tadi jika secara kesehatan, jika secara sains, ternyata ada beberapa tanda jatuh cinta yang sering kamu rasakan saat perasaan ini mulai muncul.

Pertama, kamu tidak akan bisa berhenti untuk menatap orang yang kamu cintai. Memandanginya saat sedang berdiam atau berbicara ternyata mampu membuatmu tersenyum sepanjang hari. Kalau kamu mulai senang menatapnya, fix, kamu jatuh cinta.

Dalam sebuah penelitian, diungkapkan bahwa pasangan yang sering menatap satu sama lain dalam waktu yang lama, biasanya akan merasakan hubungan yang lebih romantis jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Tanda kedua, kamu akan merasa seperti melayang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Kinsey Institute. Otak orang yang sedang jatuh cinta rupanya bereaksi sama dengan otak orang yang mengkonsumsi kokain.

Ilustrasi pasangan. (Unsplash/@ Milan Popovic)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Milan Popovic)

 

Tidak kaget jika karena hal ini, seseorang yang sedang jatuh cinta biasanya akan melakukan berbagai hal gila dan nekat.

Ketiga, orang tersebut terus ada dipikiranmu. Saat jatuh cinta, kamu pasti akan bertanya-tanya mengenai bagaimana bisa orang tersebut bisa terus ada di pikiranmu. Ternyata hal ini diakibatkan oleh obat cinta yang keluar dari otak melalui hormon phenylethylamine.

Hormon ini biasanya memberikan perasaan tergila-gila dan selalu memikirkan orang yang kamu cintai itu.

Tanda selanjutnya adalah, kamu akan menyukai semua kebiasaan mereka. Apa kamu merasakan hal yang sama saat sedang jatuh cinta? Poin ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukan bahwa kebiasaan kecil mampu menimbulkan perasaan jatuh cinta yang dalam jika dibandingkan dengan jatuh cinta pada penampilan fisik.

Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso)
Ilustrasi pasangan kekasih. (pakutaso)

 

Kalau kamu jatuh cinta pada pasanganmu dengan segala kebiasaan kecilnya, perasaanmu berarti sudah sangat dalam untuk orang tersebut.

Yang terakhir, kalian memiliki detak jantung yang sama. Rupanya saat merasakan jatuh cinta, pasangan akan merasakan jantung yang berdebar serta berdetak seirama.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of California.

Gimana, sedang jatuh cinta? Merasakan beberapa tanda jatuh cinta menurut sains di atas?

Berita Terkait