Sains

Deretan Jejak Para Penyelam untuk Taklukkan Palung Mariana

Siapa yang sukses menaklukkan Palung Mariana?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Palung Mariana. (Aquanetviet)
Palung Mariana. (Aquanetviet)

Hitekno.com - Palung Mariana atau Mariana Trench adalah jurang yang terletak di dasar laut dan berada di sisi Timur Pulau Mariana Barat Samudera Pasifik. Palung ini terletak dekat dengan Pulau Guam.

Berdasarkan pemetaan laut yang dilakukan oleh Universitas New Hampshire tahun 2014, kedalaman Palung Mariana mencapai 10.984 meter.

Namun, dalam penelitian terbaru, para peneliti memperkirakan bahwa Palung Mariana memiliki kedalaman 11.034 meter.

Kedalaman laut ini lebih dari tinggi puncak Gunung Everest yang menjulang hingga 8.848 meter dari permukaan laut.

Palung Mariana terbentuk akibat adanya tubrukan kuat antara lempeng tektonik Pasifik dan lempengan Filipina. Tubrukan ini menciptakan titik yang lapisannya jatuh ke dalam lapisan mantel Bumi.

Diperkirakan, Palung Mariana terjadi sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Palung Mariana. (Wikipedia/Kmusser)
Palung Mariana. (Wikimedia Commons/Kmusser)

 

Dalamnya Palung Mariana membuat banyak orang begitu penasaran dengan isi laut misterius ini. Tercatat dalam sejarah, beberapa orang mencoba untuk menaklukkan lautan terdalam dunia ini.

Jika setidaknya ada 500 orang pernah pergi ke luar angkasa dan 12 di antaranya pernah berjalan di bulan dan kembali ke bumi. Sejarah mencatat bahwa hanya tiga orang yang pernah menyelam ke bagian laut paling dalam, Palung Mariana.

Dimulai pada 23 Januari1960, Jacques Piccard dan Don Walsh melakukan penyelaman perdananya ke Palung Mariana.

Jacques Piccard adalah insinyur dan oceanographer berkewarganegaraan Swiss dan Don Walsh adalah prajurit Angkatan Laut Amerika berpangkat letnan.

Wahana Piccard dan Walsh. (Wikipedia/U.S. Naval History and Heritage Command)
Wahana Piccard dan Walsh. (Wikimedia Commons/U.S. Naval History and Heritage Command)

 

Keduanya berhasil menyelami Palung Mariana dengan menghabiskan waktu selama delapan jam. Lima jam saat melakukan perjalanan ke dasar Palung, dan tiga jam untuk kembali ke permukaan.

Piccard dan Walsh hanya mampu berada di kedalaman 10.994 meter karena retakan kaca pelindung luar dan dinding wahana yang melengkung.

Piccard dan Walsh. (Wikipedia/Archival Photography by Steve Nicklas, NOS, NGS)
Piccard dan Walsh. (Wikimedia Commons/Archival Photography by Steve Nicklas, NOS, NGS)

 

Duet prajurit dan oceanigrapher ini terhenti dan memaksa mereka untuk cepat kembali ke permukaan laut.

Sampai di 26 Maret 2012, sutradara Hollywood, James Cameron menyelam hingga kedalaman 10.898 meter.

Ia melakukan penyelaman seorang diri dengan menggunakan prototipe kapal selam yang disebut ''Penantang Laut Dalam''. Setidaknya dengan alat ini, ia membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai titik terdalam Bumi ini.

Kata pertama yang James Cameron ucapkan sesaat setelah sampai ke dasar laut adalah ''Seluruh sistem OK''.

Deepsea Challenger James Cameron. (Wikipedia/Z22)
Deepsea Challenger James Cameron. (Wikimedia Commons/Z22)

 

Jika hingga saat ini hanya ada tiga penyelam yang mampu menembus dalamnya Palung Mariana, setidaknya ada tiga mesin juga yang pernah dicemplungkan ke laut ini.

Yakni, Kaiko, ABISMO, dan Nereus. Dari ketiganya, hanya robot Jepang, ABISMO yang masih beroperasi. Kaiko dan Nereus hilang di kedalaman laut tersebut.

Menyelami dasarnya laut apalagi dasar laut terdalam di Palung Mariana tentu tidak mudah. Banyak tantangan, salah satunya adalah tekanan yang sangat besar.

Konon, jika manusia masuk ke Palung Mariana hingga kedalaman tertentu tanpa pelindung apa-apa, maka tubuh manusia akan mendapat tekanan yang setara dengan sedang ditindih oleh 48 pesawat Boeing 747.

Semakin majunya teknologi, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat akan ada nama baru yang berhasil menyelam ke Palung Mariana untuk menaklukkan laut terdalam di dunia ini.

Berita Terkait