Sains

Teleskop Hubble Tangkap 15 Ribu Galaksi dalam Satu Potret

Ini dimungkinkan karena penggunaan instrumen ultraviolet.

Agung Pratnyawan

Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

Hitekno.com - Para astronom berhasil menggambil gambar terbaru alam semesta menggunakan Teleskop Hubble. Hanya dengan satu potret saja, Teleskop Hubble bisa mengambil 15.000 galaksi. Dan 12.000 di atanranya adalah galaksi aktif pembentuk bintang.

Hal ini dimungkinkan karena penggunaan instrumen ultraviolet pada Teleskop Antariksa Hubble. Instrumen ultraviolet ini telah membuka jendela baru tentang alam semesta yang terus berevolusi.

Lewat kegiatan itu, para astronom berhasil mengamati alam semesta 11 miliar tahun lalu, ketika masih berada di masa-masa pembentukan bintang tersibuk yang terjadi sekitar tiga miliar tahun pasca Big Bang.

Potret galaksi dari Teleskop Hubble. (NASA)
Potret galaksi dari Teleskop Hubble. (NASA)

 

Potret ini sendiri tidak hanya dihasilkan dari instrumen ultraviolet, melainkan dibantu dengan data inframerah dan cahaya tampak dari Hubble dan teleskop berbasis darat lainnya.

Kumpulan dari berbagai data itu membuat gambar komprehensif dalam menampilkan evolusi alam semesta. Di situ, galaksi-galaksi yang sangat jauh hanya bisa dilihat dalam cahaya inframerah, sementara galaksi-galaksi yang lebih dekat cuma dari berbagai spektrum.

Cahaya dari galaksi pembentuk bintang muncul sebagai panjang gelombang ultraviolet. Namun, mengembangnya alam semesta telah menggeser cahaya ke panjang gelombang inframerah. Dengan membandingkan gambar pembentukan bintang di alam semesta jauh dan dekat, pemahaman tentang bagaimana galaksi-galaksi berevolusi kini menjadi lebih baik.

Potret ini sendiri merupakan wilayah langit di arah rasi bintang utara Ursa Mayor dan merupakan mosaik yang 14 kali lebih luas dari gambar ultraviolet Hubble sebelumnya, yang rilis pada 2014, yaitu Hubble Ultra Violet Ultra Deep Field.

Tulisan mengenai Teleskop Hubble ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul 15 Ribu Galaksi dalam Satu Potret lewat Teleskop Hubble.

Berita Terkait