Sains

Catat, Planet Venus Pancarkan Sinar Terbaiknya Tanggal Ini

Momen romatis untuk ajak orang terdekatmu!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Planet Venus. (Daniel Yeow)
Planet Venus. (Daniel Yeow)

Hitekno.com - Planet Venus terkenal sebagai planet yang cantik dan sinarnya sering dijadikan pedoman bagi para suku kuno. Meski sinarnya akan berakhir di tahun ini, Planet Venus tetap akan pancarkan sinar terbaiknya sebelum perpisahan.

Periode musim panas (21 Juni-22 September), empat planet terkemuka membentang di langit malam dengan pancaran cahaya mereka. Empat planet itu termasuk Jupiter, Saturnus, Mars, dan Venus.

Planet yang paling terang dari keempat planet itu adalah Planet Venus. Namun Venus akan keluar dari langit malam lebih cepat dari ketiga planet lainnya.

Ilustrasi Planet Venus. (National Geographic Kids)
Ilustrasi Planet Venus. (National Geographic Kids)

 

Planet Venus akan bertransisi keluar dari langit malam dan mulai menghiasi langit pagi pada akhir Oktober 2018.

Dikutip dari Space, Venus merupakan planet terdekat dan termasuk ''tetangga dekat'' Bumi. Ilmuwan yang mengamati planet ini setuju bahwa Venus bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan lingkaran yang hampir sempurna.

Venus 13 kali mengelilingi Matahari dalam kurun waktu 8 tahun Bumi.

Itu akan membuat Venus menghiasi langit dengan lima rangkaian putaran selama delapan tahun.

Penampakan Planet Venus 12 September 2018. (Jeffreylhunt)
Penampakan Planet Venus 12 September 2018. (Jeffreylhunt)

 

Setiap tahun dalam siklus Venus, ia memiliki pola tersendiri dan tahun 2018 mengulangi pola yang sama dari fenomena 2010. Pola siklus Venus sangat penting bagi peradaban suku Aztec kuno dan suku Maya.

Planet Venus akan pancarkan sinar terbaiknya pada hari Jumat minggu ini atau tepatnya pada tanggal 21 September 2018.

Planet yang terkenal dengan sebutan sebagai ''Dewi Kecantikan'' akan bersinar di magnitudo minus 4,8 dan menghasilkan cahaya cemerlang dari dekat cakrawala.

Penampakan Planet Venus akhir September 2018. (Starry Software)
Penampakan Planet Venus akhir September 2018. (Starry Software)

 

Planet Venus akan bersinar 23 kali lebih terang dari Sirius (bintang paling terang di langit malam). Selain itu, Venus juga bersinar enam kali lebih terang dari Mars saat berada pada posisi terdekat dari Bumi di bulan Juli 2018.

Kamu akan menikmati fenomena ini jika menggunakan teropong atau bisa juga menggunakan mata telanjang. Saat ini, sudut pencahayaan antara Matahari, Bumi, dan Venus membuat Venus seperti bulan sabit tipis.

Venus akan terlihat seperti busur cahaya cemerlang namun berbentuk bulan sabit tipis.

Karena Planet Venus pancarkan sinar terbaiknya dalam waktu dekat, yuk ajak kawan atau seseorang terdekatmu untuk menontonnya bersama-sama!

Berita Terkait