Sains

Semut Gunakan Senjata Kimia Untuk Cegah Jadi Zombie

Semut rentan terkena parasi jamur Escovopsis yang dapat mengambil kendali dalam dirinya. Untuk melawannya, semut gunakan senjata kimia.

Agung Pratnyawan

Semut/pixabay
Semut/pixabay

Hitekno.com - Parasit yang mengubah semut menjadi 'zombie' tak beralasan harus menjadi salah satu dari hewan paling menakutkan di planet ini. Sekarang semut pemotong daun berjuang melawan musuh terbesar mereka menggunakan 'senjata kimia' yang kuat.

Hewan merayap yang menakutkan ini hidup di Amerika Latin dan rentan terhadap infeksi parasit jamur khusus yang disebut Escovopsis yang mampu mengendalikan perilaku mereka. Parasit dan inangnya terkunci dalam 'perlombaan senjata', dengan kedua belah pihak berjuang menemukan cara mengalahkan lawan mereka.

Leafcutters dikenal sebagai petani yang sangat baik yang cenderung membantu 'berkebun'. Larva mereka hanya akan memakan jamur yang dibudidayakan menggunakan mulsa daun yang dikunyah.

Berdasarkan penemuan ilmuwan dari University of East Anglia, meskipun mereka memiliki pertahanan untuk menjaga Escovopsis, ia menggunakan satu bahan kimia untuk memotong perisai ini dan satu lagi untuk memaksa semut melarikan diri dari kebun mereka. Jika berhasil menginfeksi semut, seluruh koloni dapat dihancurkan.

Profesor Matt Hutchings dari sekolah ilmu biologi, mengatakan bahwa semut pemisah daun adalah petani yang hebat. Mereka berpatroli di kebun mereka, menghilangkan jamur asing dan menggunakan bakteri penghasil antibiotik di tubuh mereka untuk membunuh parasit, secara efektif menggunakannya sebagai weedkiller.

"Tapi cara Escovopsis berhasil melewati pertahanan mereka tidak dipahami dengan baik," katanya.

Dia menambahkan, semut menggunakan bakteri penghasil antibiotik dari tanah untuk "melawan".

"Hasil kami konsisten dengan perlombaan senjata yang mendorong evolusi senjata pemusnah dan pertahanan dengan masing-masing pihak yang berusaha berinovasi untuk tetap berada di atas angin," kata Prof Hutchings.

"Sangat menarik untuk melihat ekspresi kejanggalan Escovopsis terungkap ketika ada yang salah, dan menyadari bahwa semut biasanya mampu mencegah situasi seperti itu karena senjata pertahanan mereka melawan Escovopsis juga sangat canggih," bebernya. 

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Cegah Jadi Zombi, Semut Gunakan Senjata Kimia.

Berita Terkait