Dibanding Facebook Messenger, Pakar Keamanan Sebut WhatsApp Lebih Aman

Facebook Messenger mendapatkan kecaman soal keamanan data pribadi.

Agung Pratnyawan
Rabu, 20 Januari 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Hitekno.com - WhatsApp saat ini tengah disorot soal kebijakan privasi yang dianggap membahayakan pada data pribadi pengguna. Terlebih mengizinkan Facebook untuk mengaksesnya.

Dari persoalan tersebut pula, keamanan WhatsApp jadi sorotan terutama pada hal data pribadi. Terlebih induk persuahaanya, Facebook kerap tersandung masalah.

Facebook Messenger, misalnya, mendapat kecaman dalam beberapa pekan terakhir karena sikapnya yang lemah terhadap privasi pengguna.

Baca Juga: Klarifikasi Whatsapp Soal Kebijakan Privasi Baru, Perhatikan 5 Poin Ini

Aplikasi obrolan, yang memiliki 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia, melacak lokasi tepat Anda, membaca pesan pribadi, dan memindai aplikasi kalender Anda.

Persyaratan privasi aplikasi yang bermasalah, disorot oleh pakar keamanan dunia maya Zak Doffman dalam sebuah artikel Forbes, dikutip The Sun, Selasa (19/1/2021).

Dia menggambarkan, pengumpulan data Messenger sebagai "jauh lebih mengkhawatirkan" daripada WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Tunda Batas Pemberlakuan Kebijakan Privasi Baru, Sampai Kapan?

WhatsApp menjadi sasaran badai media sosial minggu lalu atas rencana perubahan yang diberlakukan pada persyaratan layanannya, memungkinkannya berbagi lebih banyak data pengguna dengan Facebook.

Data yang dilacak aplikasi. [The Sun/Apple]
Data yang dilacak aplikasi. [The Sun/Apple]

Beberapa penggemar menyatakan kekhawatiran bahwa pesan mereka akan diintai oleh raksasa media sosial itu, meskipun WhatsApp dengan keras membantah tuduhan tersebut.

"Bencana WhatsApp telah mengalihkan perhatian dari betapa buruknya invasi Messenger terhadap privasi Anda. Tidak ada pembenaran untuk itu," tulis Doffman.

Baca Juga: Mantan Bos Bongkar Rahasia Besar WhatsApp

Menurutnya, kita semua tahu Facebook mencari nafkah dari data kita tapi memang perlu ada batasan.

Facebook, misalnya, secara terbuka mengaku membaca teks pribadi yang dikirim melalui Messenger dan menggunakan kontennya untuk menargetkan iklan dengan lebih baik kepada pengguna.

Aplikasi ini mengunduh lampiran file yang dikirim antara pengirim teks ke servernya sendiri, serta tautan ke berbagi file dan situs web.

Baca Juga: Bikin Penggunanya Heboh, WhatsApp Tunda Kebijakan Privasi Baru

Data lokasi, kontak Anda, riwayat pembelian, riwayat pencarian, riwayat penelusuran, dan banyak lagi juga dikumpulkan oleh aplikasi.

Doffman, yang merupakan pendiri dan CEO perusahaan teknologi pengawasan Inggris, Digital Barriers, menyoroti bahwa WhatsApp melindungi pesan yang dikirim melalui layanannya dengan enkripsi ujung ke ujung.

Ini berarti, tidak ada orang, termasuk WhatsApp dan Facebook, yang dapat membaca teks selain pengirim dan penerima.

Sementara Messenger menawarkan enkripsi sebagai bagian dari alat "percakapan rahasia", ini hanya didukung dalam obrolan antara dua orang.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

"Kurangnya enkripsi ujung-ke-ujung inilah yang membuat Messenger menjadi pilihan bagi saya. Ini harus menjadi default untuk semua platform perpesanan yang Anda gunakan," tulis Doffman.

Apple bulan lalu menjadi sorotan. Pembuat iPhone memperkenalkan label privasi baru untuk setiap aplikasi di App Store pada 14 Desember untuk meningkatkan transparansi seputar pengumpulan data.

Label muncul di halaman produk aplikasi, termasuk perangkat lunak Apple sendiri, memberikan ringkasan singkat tentang praktik data aplikasi kepada pengguna.

Mereka yang ditampar ke WhatsApp dan Messenger mengungkapkan daftar panjang data yang dilacak oleh aplikasi. Tangkapan layar dari mereka dengan cepat menjadi viral di Twitter.

Sebaliknya, layanan perpesanan Apple sendiri, iMessage, hanya meminta alamat email, nomor telepon, dan ID perangkat Anda, menurut Apple.

Doffman merekomendasikan siapa pun yang mengirim teks melalui Messenger atau Instagram, yang menurutnya "bahkan lebih buruk" untuk privasi Anda, beralih ke layanan terenkripsi, seperti WhatsApp.

Dia menambahkan bahwa mereka yang menginginkan opsi yang lebih aman harus memilih aplikasi pesan yang berfokus pada privasi, Signal, yang telah melihat lonjakan unduhan setelah kesalahan WhatsApp baru-baru ini.

"Dengan WhatsApp dan Signal yang berjalan secara paralel, Anda baik-baik saja dari perspektif keamanan dan privasi. Pada akhirnya, Anda akan menggunakan Signal sebagai default saat kontak ada, tetapi Anda kemungkinan akan tetap menggunakan WhatsApp saat tidak ada," beber Doffman.

Itulah penjelasan parak keamanan yang menyebut WhatsApp lebih aman dibandingkan dengan Facebook Messenger. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak