Internet

Dulu Cuma Dua, Kini Pemilik Diamond Button di Indonesia Sudah 19 Channel

Jumlah audience hingga pemilik channel YouTube di Indonesia meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Perkembangan channel YouTube hingga pemirsa di dalamnya ternyata cukup melesat dibandingkan tahun lalu. Kini, jumlah pemilik Diamond Play Button di Indonesia telah mencapai 19 channel YouTube.

Sebagai informasi, Diamond Play Button atau Diamond Button adalah penghargaan yang diberikan pada channel YouTube yang telah mencapai 10 juta subscriber. Itu adalah penghargaan dengan tombol putar khas YouTube berlapis perak dengan model sebongkah kristal.

Muriel Makarim selaku Head of Large Customer Marketing, Google Indonesia menjelaskan bahwa perkembangan audience Youtube hingga channel yang tergabung mengalami kemajuan pesat di Indonesia.

Statistik kecil diungkapkan oleh Muriel Makarim pada acara virtual peluncuran Samsung Galaxy Movie Studio pada hari ini (06/10/2020).

Bertindak sebagai salah satu pembicara, Muriel Makarim mengawalinya dengan membeberkan bahwa terdapat puluhan juta unique user YouTube di Indonesia.

Data unique user YouTube di Indonesia. (Samsung Zoom Conference)
Data unique user YouTube di Indonesia. (Samsung Zoom Conference)

 

Tercatat, Youtube memiliki lebih dari 93 juta adult unique user (usia di atas 18 tahun) yang secara aktif menonton tiap bulannya.

"Data ini (93 juta unique user) menunjukkan bahwa 9 dari 10 pengguna internet di Indonesia menonton YouTube sebulan sekali," kata Muriel Makarim dalam membeberkan data yang direkam hingga April 2020.

Ia juga menambahkan perkembangan channel YouTube di Indonesia dengan subscriber yang bertambah besar.

Muriel Makarim selaku Head of Large Customer Marketing, Google Indonesia. (Samsung Zoom Conference)
Muriel Makarim selaku Head of Large Customer Marketing, Google Indonesia. (Samsung Zoom Conference)

 

"Tentu pertumbuhan yang pesat itu tidak bisa terjadi tanpa adanya para creator YouTube yang luar biasa. Jika teman-teman mengikuti, tahun lalu kita hanya memiliki dua Diamond Button Creator. Itu adalah channel dengan lebih dari 10 juta subscriber. Tahun lalu ada dua, hanya Atta Halilintar dan Ricis. Nah kalau kita lihat di data ini, list-nya sudah naik menjadi 10 kali lipat," kata Muriel Makarim menambahkan.

Sebanyak 19 channel yang tampil di daftar termasuk Atta Halilintar, Ria Ricis, Arif Muhammad, Baim Paula, Deddy Corbuzier, Dyland Pros, Frost Diamond, Gen Halilintar, Indosiar, Jess No Limit, Kerajinan 5-Menit, Miawaud, Naisa ALifia Yuriza (N.A.Y.), Rans Entertainment, Saaih Halilintar, Surya Citra Televisi, Trans TV Official, dan Trans7 Official.

Jumlah pemilik Diamon Button di Indonesia. (Google Indonesia)
Jumlah pemilik Diamon Button di Indonesia. (Google Indonesia)

 

Muriel Makarim juga menjelaskan bahwa saat ini sudah terdapat lebih dari 600 channel YouTube yang meraih Gold Button (memiliki lebih dari 1 juta subscriber).

Terkait konten yang tumbuh pesat, jumlah penonton otomotif naik dua kali lipat jika dibanding tahun lalu.

Knowledge Video dan kata kunci Cookies serta Cakes (kue) tumbuh masing-masing sebesar 80 persen hingga dua kali lipat.

Konten dengan peningkatan pemirsa terbanyak di YouTube. (Google Indonesia)
Konten dengan peningkatan pemirsa terbanyak di YouTube. (Google Indonesia)

 

Konten mengenai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) juga mengalami peningkatan preferensi pemirsa YouTube sebesar 50 persen.

Itulah tadi perkembangan positif yang dimiliki oleh pemirsa serta pemilik channel YouTube di Indonesia, apakah kamu berminat menjadi creator kreatif selanjutnya?

Berita Terkait