Gadget

YouTube Akan Hapus Fitur Picture in Picture di iOS 14, Kenapa?

Fitur baru di iOS 14 ini memang mempermudah para pengguna iPhone dalam menikmati video.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Apple telah resmi memberikan update iOS 14, yang memberikan banyak fitur ke sistem operasi iPhone tersebut. Salah satunya fitur picture-in-picture untuk bisa menjalankan aplikasi video, termasuk YouTube.

Fitur baru di iOS 14 ini memang mempermudah para pengguna iPhone dalam menikmati video. Termasuk banyak fitur istimewa lainnya.

Namun YouTube sebagai salah satu aplikasi video terpopuler di dunia juga telah mengembangkan fitur serupa sejak Agustus lalu.

Karena ada dua fitur serupa itulah, YouTube "mengalah", dan menghentikan dukungan fitur picture-in-picture pada iPhone yang menjalankan iOS 14.

Informasi ini pertama kali diungkap oleh Mac Rumors, yang dikutip Suara.com pada Minggu (20/9/2020).

Logo YouTube. [Shutterstock]
Logo YouTube. [Shutterstock]

 

Laman ini menulis bahwa fitur itu tak lagi ada aplikasi YouTube yang dibuka lewat iPhone dengan iOS 14.

Uniknya, fitur picture-in-picture tetap masih tersedia di iOS 14, namun tidak melalui aplikasi, melainkan dengan cara membuka situs YouTube via browser.

Selain itu, perangkat Apple mobile lainnya, seperti iPad, juga tercatat masih bisa menggunakan fitur ini lewat aplikasi YouTube.

Fitur picture-in-picture yang tersedia dalam iPhone [screen shot MacRumors.com].
Fitur picture-in-picture yang tersedia dalam iPhone [screen shot MacRumors.com].

 

Jadi kemungkinan, langkah penghapusan fitur picture-in-picture di aplikasi ini dilakukan YouTube untuk menghindari pengguna non-Premium (gratisan) untuk mengakses fitur tadi.

Itulah alasan dugaan kenapa YouTube akan menghapus fitur picture-in-picture dari aplikasi mereka. Akankah layanan video ini akan melakukannya? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait