Sajikan Konten Inspiratif, Ini Cerita Kimbab Family yang Populer di YouTube

Kimbab Family menyuguhkan cerita mereka sebagai keluarga multikultural, bagaimana keseharian mereka yang dikemas sangat hangat untuk penontonnya.

Dinar Surya Oktarini
Sabtu, 19 September 2020 | 15:15 WIB
Kimbab Family. (YouTube)

Kimbab Family. (YouTube)

Hitekno.com - Ketika peraturan pembatasan sosial berskala besar (psbb) kembali tingkatkan, beragam konten di YouTube menjadi pilihan untuk mengisi keseharian, terutama para keluarga. Mulai dari konten tutorial memasak, berkebun, hingga edukasi sekalipun, YouTube menjadi wadah bagi kreator konten maupun penggunanya untuk terus menginspirasi dan terinspirasi. Salah satunya Salah satunya adalah kanal Kimbab Family yang menyuguhkan cerita pengalaman mereka sebagai keluarga multikultural, bagaimana keseharian mereka selama tinggal di Indonesia maupun di Korea Selatan yang dikemas sangat hangat untuk penontonnya. 

Mendobrak Batas untuk Tetap Terkoneksi dengan Keluarga

Kimbab Family mulai mengunggah video pertama cerita keseharian mereka pada bulan Agustus 2018. Appa Jay dan Mama Gina, pasangan suami-istri multikultural Korea - Indonesia, memanfaatkan teknologi melalui YouTube agar terus terkoneksi dengan keluarga. 

Baca Juga: Aktifkan Fitur Autopilot dan Tidur, Pengemudi Tesla Ini Ditilang Polisi

Selama tinggal di Indonesia, Appa Jay yang berkewarganegaraan Korea Selatan memiliki ide untuk merekam memori penting tentang anak-anaknya yaitu Suji, Yunji, dan Jio, untuk dapat dilihat oleh keluarga di Korea Selatan. Mengunggah video di YouTube dan membagikan tautannya kepada keluarga dianggap lebih mudah dan efisien ketimbang harus mengirimkan file video besar melalui aplikasi chat yang memiliki keterbatasan. Secara tak terduga, unggahan tersebut ikut ditonton oleh sekitar 300 orang lebih dan mendapat respon yang baik. Hal ini yang kemudian memicu Appa Jay dan Mama Gina untuk terus melanjutkan membagi kisah tentang Kimbab Family di YouTube.

Menjaga Privasi dan Tetap Aman Berinternet

Kimbab Family. (YouTube)
Kimbab Family. (YouTube)

Ada sedikit kekhawatiran ketika video mereka secara tidak disengaja menjadi viral dan semakin dinanti-nantikan oleh penonton setianya, yaitu mengenai privasi dan perlindungan berinternet bagi anak-anak mereka. Bagi Appa Jay dan Mama Gina, memilah konten mana yang dapat dibagikan untuk publik menjadi bagian penting dalam berkarya. Begitu juga peranan anak-anak saat berkontribusi untuk konten yang akan mereka buat. “Sekarang, semakin ke sini, secara naturally anak-anak terlibat dalam memberikan ide konten, namun itu inisiatif mereka sendiri (tidak dipaksakan),” jelas Mama Gina.

Baca Juga: Gojek Tingkatkan Keamanan Mitra Saat Masa PSBB

Kimbab Family menerapkan pembatasan dan pengawasan ketika anak-anak akan terlibat dalam pembuatan konten, merespon tanggapan dari pemirsa, hingga pada kegiatan berinternet sehari-hari. Biasanya, Appa Jay dan Mama Gina memberlakukan perjanjian kepada putra-putri mereka sebelum memberikan akses internet di rumah. “Peraturannya sangat fleksibel. Kami selalu berusaha untuk berkomunikasi yang baik, membuka dialog untuk mencapai kesepakatan bersama (dalam penggunaan internet) dengan anak-anak,” Appa Jay menambahkan.

New Normal, New Digital Habit

Bagi Kimbab Family, pandemi Covid-19 sedikit mengubah kebiasaan mereka dalam berinternet. Selain pembelajaran bagi anak-anak mereka yang telah dilakukan secara daring, membagikan cerita tentang kebiasaan-kebiasaan baru selama tinggal di Korea telah menjadi bagian erat di channel Kimbab Family. Penggunaan masker secara benar, menata ulang kamar, berkebun, mengisi waktu dengan menggunakan bahasa daerah, hingga membuat sajian lezat telah mewarnai kegiatan mereka selama #DiRumahAja. Satu hal yang tergambar jelas dari cerita - cerita mereka adalah bagaimana mereka terus menanamkan nilai rasa hormat bagi semua orang kepada anak-anaknya. 

Baca Juga: Dari Bernafas hingga Menggoreng Angin, Ini 7 Tutorial Absurd di YouTube

Dalam perihal penggunaan bahasa, Appa Jay dan Mama Gina sendiri tidak memiliki trik khusus dalam menyikapi multi bahasa yang digunakan. Anak-anak mereka sudah terbiasa dengan 2 budaya dan bahasa sekaligus. Bahkan sesekali Mama Gina mengajarkan Bahasa Sunda dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam sebuah konten yang dibuat. Video saat Mama Gina menggunakan Bahasa Sunda justru menjadi salah satu konten yang banyak penontonnya. “Kami sadar bahwa mengerti bahasa adalah hal yang mendasar untuk mengenali dan menghormati satu budaya. Yang paling penting bagi kami adalah mereka tahu bahasa orang tuanya. Jadi mereka 100% dapat komunikasi dengan kami,” jelas Appa Jay.

Pencapaian Luar Biasa

Kimbab Family. (YouTube)
Kimbab Family. (YouTube)

Dengan semakin seringnya Kimbab Family menyajikan konten-konten yang menarik bagi Keluarga Online, sebutan bagi penonton setia channel Kimbab Family, tak sedikit penontonnya merasakan keharmonisan dan kebahagiaan saat menontonnya. “Kami berdua bukan ahli dalam parenting, ahli dalam bahasa, ahli dalam rumah tangga, atau ahli dalam memasak. Kami hanya ingin membagikan kehidupan kami yang berbeda budaya di Korea kepada keluarga Indonesia,” kata Mama Gina. Mama Gina juga menambahkan bahwa bagi mereka Kimbab Family adalah channel yang bisa ditonton oleh siapa saja dan aman untuk seluruh anggota keluarga. 

Baca Juga: Menggunakan AI, YouTube Musik Sematkan Fitur Baru di Android dan iOS

Saat ini channel Kimbab Family telah menjadi salah satu channel populer yang menginspirasi. Raihan 1 juta subscribers telah mereka lampaui dalam waktu yang terbilang singkat. Untuk mereka itu semua adalah sebuah pencapaian dan apresiasi yang sangat hangat dari Keluarga Online di Indonesia.

Mereka senang sekaligus bersyukur bahwa konten-konten yang telah disuguhkan mendapat sambutan baik dan menjadi suatu motivasi untuk terus dapat berbagi pengalaman dan cerita kepada Keluarga Online. 

Kedepannya, Kimbab Family berencana membuat konten video yang menginspirasi para penontonnya seperti memperlihatkan perjuangan Mama Gina seorang diri sebagai orang asing asal Indonesia yang tinggal di Korea juga ingin membuat video tentang anak-anak mereka belajar berbagai budaya dan saling menghargai satu sama lain dengan orang yang akan mereka temui.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak