Internet

YouTube Andalkan AI untuk Saring Penggunanya Menonton Video Sesuai Umur

YouTube mencatat dengan adanya algoritma ini akan membantu memastikan pengguna menonton video sesuai umur.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)

Hitekno.com - Layanan video YouTube kini memiliki alat yang memungkinkan pembuat konten menerapkan batasan usia pada videonya dan hanya mereka yang berusia di atas usia tertentu yang bisa menontonnya.

Namun sebagian besar tanggung jawab pada pembuat konten untuk memberi batasan usia pada video mereka, kecuali saat algoritma YouTube menandai konten yang tidak pantas untuk ditinjau timnya.

Kini YouTube berencana membuat batasan usia ini lebih tersebar di mana-mana dan lebih standar

YouTube kini mengandalkan algoritma pembelajaran mesin yang sama yaitu AI untuk mereka gunakan untuk menandai video yang tidak pantas dan menggunakannya untuk menerapkan pembatasan usia pada video juga.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

 

Dilansir dari laman Ubergizmo, melalui penerapan ini akan mempersulit anak-anak untuk menghindari celah, seperti menontonya saat disematkan di situs web lainnya.

Menurut YouTube, penerapan ini berarti bahwa saat video dengan batasan usia disematkan di stus lain dan pengguna memutarnya, pengguna akan dibawa ke halaman YouTube dan masuk ke akun pengguna untuk diverifikasi usianya.

YouTube mencatat dengan adanya algoritma ini akan membantu memastikan bahwa, di mana pun video ditemukan, video itu hanya dapat dilihat oleh penonton yang sesuai dengan umurnya,

Sebelumnya, YouTube sudah mendapat kecaman karena beberapa konten yang diizinkan masuk ke platformnya.

Perusahaan tersebut dikecam oleh beberapa kritikus ketika mengganggu video dan video konspirasi entah bagaimana masuk ke YouTube Kids.

Padahal seharusnya platform YoTube Kids tersebut harus disaring dengan ketat untuk mencegah video yang tak seharusnya ditonton oleh pengguna YouTube yang tak sesuai umur.

Berita Terkait