Internet

Khusus Firefox, Mozilla Bakal Hadirkan VPN Gratis

Setidaknya gratis untuk saat ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi VPN. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi VPN. (Pixabay)

Hitekno.com - Penggunaan layanan Virtual Private Network (VPN) makin marak saja. Terutama VPN gratis yang mudah untuk didapatkan dan digunakan.

Namun sayangnya, tidak semua VPN gratis aman untuk digunakan. Bisa-bisa, data pribadi kamu dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkhusus untuk para pemakai browser Firefox, Mozilla berencana untuk menghadirkan layanan VPN Khusus. Layanan yang dinamakan Firefox Private Network ini telah resmi diumumkan.

VPN khusus Firefox ini diklaim akan memberikan pengguna lebih banyak privasi di web. Menariknya, untuk sekarang VPN bisa digunakan secara gratis.

Firefox Private Network merupakan VPN berbasis browser dan disarankan bagi pengguna yang ingin memiliki koneksi terenkripsi saat menggunakan Firefox di jaringan Wi-Fi publik dan memblokir pelacak iklan.

Sayangnya, saat ini Firefox Private Network baru tersedia dalam versi beta dan pengguna harus berbasis di Amerika Serikat untuk mengunduhnya.

Saat ini, pihak Mozilla belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan versi beta Firefox Private Network akan tersedia secara global.

Firefox Private Network layanan VPN dari Mozilla untuk Firefox. (Firefox)
Firefox Private Network layanan VPN dari Mozilla untuk Firefox. (Firefox)

 

Dilansir dari The Verge, Firefox Private Network dapat diunduh secara gratis dalam waktu yang ditentukan, tetapi mengisyaratkan bahwa layanan tersebut dapat sewaktu-waktu berubah menjadi berbayar.

Firefox Private Network sendiri merupakan proyek pertama dari program Uji Coba Firefox yang direvitalisasi.

Program tersebut dulunya berfokus pada pengujian yang melibatkan pengguna mencoba lebih banyak fitur eksperimental seperti tab vertikal, kini Mozilla memusatkan program tersebut untuk menguji produk baru yang berfokus pada privasi.

Kita tunggu saja hasil final dari VPN yang ditawarkan Mozilla untuk Firefox ini. Apakah nantinya akan jadi VPN gratis atau berbayar? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait